Evaluasi Pilkada 2017, Barsel Lebih Banyak Pelanggaran

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Kalteng melakukan media gathering dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan Pilkada 2017 di dua daerah yaitu Kabupaten Barito Selatan dan Kotawaringin Barat.

Dalam media gathering tersebut, Ketua Bawaslu Theopilus Y Agen, mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan pilkada di dua daerah tersebut pelanggaran terbanyak terdapat di Kab. Barito Selatan dibandingkan kab kotawaringi barat.

“Permasalahan teknis bisa menjadi penyebab terjadinya pelanggaran, seperti keterbatasan bimtek untuk Panwas di setiap tingkatan, keterlambatan proses rekrutmen Panwascam dan PPL,” tungkasnya pada media gathering, Selasa (25/4), di kantor Bawaslu Kalteng.

Dirinya juga sempat mengatakan bahwa untuk mengatisipasi pilkada 2018 yang akan dilaksanakan 11 kabupaten tersebut, Bawaslu akan memaksimalkan Panwaslu dimasing-masing kabupaten untuk meminimalisir pelanggaran pilkada.

Sedangkan, anggota Bawaslu Bidang  Pengawas Pelanggaran, Lery Bungas, membeberkan bahwa pelanggaran yang terjadi dalam pilkada tidak pernah berubah bahkan selalu terulang.

“Masih adanya anak-anak dalam kampanye, tidak netralnya ASN dalam pilkada karena mendukung salah satu paslon, bahkan ada mobil dinas yang terparkir dalam kampanye salah satu paslon di kab. Barsel,” tukasnya.

Dia juga menambahkan, kita selama ini mengantisipasi pelanggaran ayang ada di Kab. Kotawaringin Barat, mengingat kejadian yang pernah terjadi pada tahun 2010 lalu, namun kini malah sebaliknya Kab. Barsel lah lebih tinggi tingkat pelanggaran pilkadanya.

Sementara Ketua Panwas Barito Selatan, Nur Hamyah, tidak menampik dengan apa yang disampaikan oleh Bawaslu provinsi tersebut, bahwa Pelanggaran yang terjadi memang sangat tinggi.

“Bahwa banyak pelanggaran yang terjadi pada pilkada 2017 lalu di Kab. Barito Selatan, seperti masih ada anggota dewan yang ikut serta, seharusnya cuti, namun ini hanya cuti di awal saja, bahkan plat merah pun pernah ketahuan ikut kampanye di salah satu paslon,” ujarnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...