Duh, Dua Anak Sungai di Kota Kapuas Ini Tak Dibersihkan

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Keberadaan dua anak sungai di wilayah Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas yakni Sungai Ulis dan Sungai Usang diduga tidak pernah dibersihkan oleh instansi terkait. Pasalnya, sungai itu dibiarkan tertutup semak belukar .

Dua sungai yang berada di wilayah Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas itu menurut warga dulu sangat bersih bahkan bisa dilewati sampan, tapi karena sudah lama tidak dibersihkan membuat aliran sungai itu menjadi dangkal dan ditumbuhi semak belukar.

“Sudah lama sungai ini tidak pernah dibersihkan sehingga sungainya menjadi dangkal, buntu dan ditumbuhi rumput,” ujar Hamsinah warga yang tinggal di sekitar Sungai Ulis, Selasa (11/4/2017).

Ia berharap Pemkab Kapuas melalui instansi tekhnisnya dapat membersihkan sampah di sungai tersebut dan juga melakukan pendalaman sungai. “Kalau sampahnya dibersihkan dan tanahnya diangkat otomatis sungainya tidak buntu lagi dan aliran air menjadi lancar,” harap Hamsinah.

Sedangkan Sungai Usang, menurut Lurah Selat Utara Hardie, sudah diusulkan oleh pihaknya kepada Dinas PU agar dilakukan pembersihan, namun sampai sekarang usulannya itu belum direalisasikan. “Memang usulannya secara lisan saja saya sampaikan ke Dinas PU,” tukasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan (PUPR PKP) Kabupaten Kapuas Ir Simpun Jaya MT, menyatakan akan menindaklanjuti informasi tersebut dan segera menurunkan tim untuk melakukan pembersihan ke dua anak sungai di wilayah Kelurahan Selat Utara itu.

“Terima kasih atas informasinya, kami akan segera tindaklanjuti dengan mengecek lokasi serta menurunkan tim untuk melakukan pembersihan,” ucapnya. (irf)

Editor: Hidayat

 

Comments
Loading...