Dua Puskesmas Di Tubaba Lolos Akreditasi Kategori Dasar dan Madya

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan menetapkan status akreditasi dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Dua puskesmas tersebut, diantaranya Puskesmas Mulya Asri katagori dasar dan Puskesmas Poned Sukajaya Kecamatan Gunung Agung, berstatus Madya yang terakreditasi pada Tahun 2016.

“Penilaian akreditasi itu untuk menentukan standar mutu pelayanan yang dilakukan oleh masing-masing puskesmas. Agar dapat mendorong peningkatan pelayanan yang lebih baik,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Tubaba Majril, kepada MENARAnews, Rabu (26/4/2017).

Oleh sebab itu katanya, pada  tahun 2017 ini, pihak Dinkes mengaku akan mengajukan penilaian akreditasi lagi bagi 5 puskesmas lainnya. Lima puskesmas yang akan diusulkan itu, Poned Kibang Budijaya, Puskesmas Ponet dan Panaragan Jaya. Selanjutnya, Puskesmas Perawatan Mercu Buana Wai Kenanga, Puskes Candra Mukti dan Poned Pagardewa. “‎Apapun penilaian akreditasinya, tidak masalah. Yang penting bagaimana seluruhnya sudah terakreditasi,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkannya berdasarkan ketetapan dan ketentuan saat ini, seluruh puskesmas harus sudah terakreditasi. Paling lama pada 2019 nanti. “Jadi memang sesuai ketentuan saat ini, seluruh puskesmas harus sudah terakreditasi paling lama 2019. Hal itu untuk meningkatkan mutu pelayanan di seluruh puskesmas,” terangnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa kategori dalam akreditasi puskesmas. Yakni Dasar, Madya, Utama dan Paripurna. Akreditasi puskesmas sendiri untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar sebagai pusat kesehatan masyarakat. “Mekanisme regulasi yang bertujuan mendorong peningkatan mutu dan kinerja puskesmas,” terangnya.

Ia menambahkan, lantaran telah lolos akreditasi, kedua puskesmas di tersebut telah memenuhi standar pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, puskesmas tersebut dari sisi administrasi, manajemen dan program sudah sesuai dengan standar.

“Kami masih menunggu pengumuman hasil penilaian akreditasi puskesmas lainnya. Nantinya akan ada pemberitahuan pengumuman secara tertulis. Untuk sementara ini baru dua puskemas yang hasil akreditasinya sudah ada,” tandasnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...