Disdukcapil Tubaba Pastikan E-KTP Siap Untuk Pilgub

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lukman memastikan akan memberikan data penduduk yang sesuai dengan kondisi atau fakta dilapangan yang terbaru dalam menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.
“Untuk Pilgub Lampung 2018 terutama Pilpres dan Pilleg 2019 memang kami belum berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait tentunya setiap 3 bulan (triwulan) selalu ada laporan perkembangan penduduk yang akurat, artinya untuk Pilpres dan Pileg 2019 kita belum bicarakan karena akan selalu ada perkembangan terbaru dan pada waktunya nanti kita pastikan itu akurat,” kata dia kepada wartawan.
Keakuratan data tersebut sejalan dengan target yang akan dicapai oleh Disdukcapil setempat yakni seluruh masyarakat Tubaba yang telah wajib memiliki identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk Electronic (E-KTP)  akan segera direalisasikan berikut dokumen Kependudukan lainnya hingga akhir 2017.
“Ditahun 2017 ini kami targetkan hingga Desember akhir Tahun, seluruh masyarakat harus sudah memiliki identitas diri berupa E-KTP dan Kartu Keluarga, karena sebelum Pilkada Tubaba kita baru tercetak E-KTP hanya 82% dari 197.000 mata pilih,  sisa nya 18% dan ini kami targetkan selesai 2017,” ujar Lukman.
Lukman juga menjelaskan bahwa pada tahun 2018 mendatang tidak ada lagi masyarakat Tubaba yang tidak memiliki dokumen Kependudukan, “Jadi pada tahun 2018 mendatang target sebanyak 197 ribu yang terdata sebagai mata pilih sudah harus punya KTP elektronik (E-KTP),” jelasnya.
Selain itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga menerangkan bahwa pihaknya telah menyurati seluruh Camat se-Kabupaten Tubaba untuk melaporkan laporan triwulannya tentang kependudukan di wilayahnya masing-masing.
“Saya sudah surati seluruh camat agar segera memberikan laporan triwulannya untuk di verifikasi sehingga data kependudukan kita benar-benar riil dan akurat, serta target yang harus di capai dapat segera terealisasi,”pungkasnya. (JE/RZ)
Comments
Loading...