Dipastikan Kesiapan Kedatangan Wapres RI Ke Kalteng, Hari Ini 100 Persen Siap

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sejak hari Kamis (20/04) kemarin, sejumlah perbaikan dan evaluasi-evaluasi persiapan pengamanan Very Very Important Person (VVIP) dalam rangka kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Jusuf Kalla ke Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya sudah dilakukan hingga sekarang.

Berkaitan dengan kondisi kesiapan di lapangan hingga siang nanti, mestinya sudah mencapai 98 persen siap. Namun dianggap perlu untuk melakukan kegiatan gladi bersih untuk menyempurnakan kesiapan benar-benar 100 persen.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa usai menggelar persiapan pasukan selasa (25/04) di Halaman Kantor Gubernur Kalteng Jl.RTA Milono Km. 1 Kota Palangka Raya.

Andika menyampaikan, pasukan yang dilibatkan dalam pengamanan gabungan TNI dan Polri. seperti personil TNI Angkatan Darat (AD) sebanyak 980 orang, TNI Angkatan Udara (AU) sebanyak 35 orang, dan Personil Polda Kalteng sebanyak 435 orang.

“Total personil yang diturunkan 1454 orang. Kita akan berusaha untuk meminimalisir penutupan jalan, serta menghimbau kepada masyarakat penggunaan jalan untuk memberikan jalan apa bila kebetulan berada jalur yang sama,” jelas Mayjen TNI Andika ke awak media.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Polda Kalteng. Brigjen Pol Anang Revandoko menambahkan, Kepolisian bersama TNI serta Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng bersama-sama melakukan pengecekan kesiapan dalam rangka kedatangan Wapres RI.

“Kami jajajaran dari Polda Kalteng, siap membantu, bersama-sama rekan-rekan TNI, termasuk melakukan pengecekan bersama mulai Jum’at kemarin sampai dengan sekarang ini,” jelas Anang Revandoko.

Dirinya sangat yakin, berkaitan dengan kesiapan sendiri, siang nanti sudah selesai semua. Untuk pengamanan lanjutnya lagi, kegiatan masyarakat tetap akan bisa berjalan seperti biasanya.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam hal ini diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Syahrin Daulay menyampaikan ucapan terima kasih, dan merupakan suatu kehormatan besok Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan mengunjungi Wilayah Provinsi Kalteng.

“Kami sampaikan, Bapak Gubernur Kalteng sendiri saat ini sedang mengikuti Musrembang Nasional sehingga beliau tidak bisa hadir pada saat ini. Tentunya Pemerintah Provinsi akan memfasilitasi seluruh kegiatan,” jelas Syahrin Daulay.

Pihaknya berharap, dengan adanya kunjungan kerja orang nomor dua di Indonesia ini dapat berjalan dengan lancar, dan aman. Itulah ujar Syahrin yang diharapkan bersama.(arli)

Comments
Loading...