Dinas PUPR Mukomuko : Tenaga Kerja Akan Dilatih Jasa Kontruksi

Dasar: UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Kontruksi

MENARAnews, Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko akan menyelenggarakan pelatihan jasa kontruksi terhadap tenaga kerja di daerah tersebut.

Hal itu seiring dengan telah disosialisasikannya Undang-Undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa kontruksi pembaruan dari UU nomor 18 tahun 1999.

“UU itu sudah kita sosialisasikan, kedepan kita akan gelar pelatihan jasa kontruksi, tujuan pelatihan ini untuk membina tenaga kerja jasa kontruksi yang ada di daerah, agar pelaksanaan pembangunan memiliki kualitas yang jauh lebih baik,” ujae Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST MT kepada awak media beberapa waktu lalu.

Ia menyampaikan, hal-hal yang menjadi perbedaan mendasar dari UU No. 2 ini dibandingkan UU sebelumnya yaitu terkait poin kegagalan kontruksi yang dalam UU terbaru dijabarkan pada beberapa poin yaitu keamanan, kesehatan dan keberlanjutan kontruksi.

Artinya, kegagalan kontruksi dalam UU terbaru ini mencakup hal-hal seperti keamanan personil saat bekerja, kondisi lokasi yang tersedia, dan keselamatan kerja yang meliputi kelengkapan personil. Serta potensi-potensi yang mampu merusak kontruksi harus dapat dianalisa sebelumnya.

Selain itu pada UU yang lama, kewenangan dalam melakukan sertifikasi jasa kontruksi harus dilakukan oleh Balai Jasa Kontruksi II Palembang dan Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK).

Namun, saat ini kewenangan tersebut sudah dapat dilakukan di Provinsi untuk seriftikasi tenaga ahli (SHA) dan di Kabupaten untuk sertifikasi tenaga terampil (SHT).

“Untuk Kabupaten Mukomuko sendiri, total paket kegiatan Dinas PUPR tahun 2017 itu sekitar 147 paket, tenaga ahli nanti untuk paket dengan skala besar yaitu 40% dari jumlah paket yang ada, sementara sisanya akan diisi oleh tenaga terampil pada paket skala kecil,” ungkapnya.

Ia menuturkan, untuk pelatihan ini rencananya akan dilakukan kepada 122 orang tenaga kerja dari seluruh asosiasi tenga kerja yang ada di Kabupaten Mukomuko.

Nanti, pelatihan ini akan bekerjasama dengan PT. Semen Padang karena memiliki pelatihan tenaga ahli dan juga lokasi yang dekat.

“Untuk waktu pelatihan belum dapat dipastikan, namun April 2017 ini, kami akan segera menyurati PT. Semen Padang,” demikian Apriansyah. (AL)

Comments
Loading...