Dinas Pertanian Salurkan Bibit Cabai Ke Masyarakat

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas terus menyalurkan bibit cabai kepada masyarakat setempat. Diharapkan dengan program bantuan bibit cabai ini, akan mampu memutus mata rantai permainan lonjakan harga cabai.

Belum lama tadi sebanyak 150 polybag bibit cabai diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas untuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas. Dimana 150 bibit tersebut merupakan bagian dari 10 ribu bibit bantuan dari Pemkab Kapuas melalui Dinas Pertanian yang akan dibagikan untuk masyarakat di Kuala Kapuas.

Kabid Produksi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Ringkesit mengatakan, 10 ribu bibit cabai dari Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui APBD akan dibagikan semuanya untuk masyarakat umum.

“Bibit cabai jenis Amoy ini merupakan bibit cabai kualitas super. Bibit cabai ini sudah mulai kita salurkan kepada masyarakat sejak Maret 2017 lalu. Seperti melalui kelurahan, komplek perumahan dan masyarakat umum lainnya, termasuk kita serahkan juga untuk para awak media di PWI Kapuas yang merupakan mitra kerja pemerintah,” katanya kepada wartawan di Kuala Kapuas, Senin (24/4/2017).  

Dengan disalurkannya bantuan bibit cabai tersebut, diharapkan para awak media dan masyarakat tidak perlu lagi membeli cabai untuk kebutuhan rumah tangga karena sudah memiliki tanaman sendiri di rumah.

Rengkesit juga menjelaskan, bibit cabai yang sudah berbentuk tanaman itu akan dibagikan secara gratis ke masyarakat. Dalam satu keluarga diberi sekitar 3-4 bibit. Bibit itu nantinya dapat ditanam di halaman atau belakang rumah. Masyarakat yang menerima bibit cabai pun nantinya akan diajarkan cara menanamnya, agar awet dan produktif.

“Apabila masyarakat masing-masing sudah memiliki tanaman cabai di rumah, maka walaupun harga cabai di pasaran naik, tidak akan lagi berpengaruh besar ke masyarakat,” ujarnya.

Untuk sementara bibit cabai dibagikan prioritas untuk masyarakat yang berada di sekitar Kota Kuala Kapuas. “Karena kebutuhan cabai yang berjumlah besar adalah kebutuhan masyarakat di kota, karena kalau di desa kebanyakan mereka sudah menanam cabai sendiri,” ungkap Ringkesit.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Kapuas Sri Hayati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas yang sudah menyalurkan bantuan bibit cabai untuk para awak media di Kabupaten Kapuas. “Harapan kita bantuan bibit cabai ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh anggota PWI Kapuas,” ujarnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...