Diduga Pungli, Kepala Kampung Agung Jaya Ditangkap

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Diduga Pungli oknum Kepala Kampung di Tulangbawang Barat dibekuk Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Sugiarto Kepala Kampung Agung Jaya, Kecamatan Way Kenanga, Tulangbawang Barat ini, dibekuk dalam operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (14/4/2017).
OTT pungli itu, terkait kepengurusan balik nama surat tanah milik masyarakat Agung Jaya, yang terkena gusuran jalan tol di wilayah Way Kenanga, Tubaba.
Kasatreskrim Polres Tulangbawang AKP Efendi mengatakan, OTT dilakukan di rumah Kakam Agung Jaya Sugiarto, tak lama Sugiarto menerima uang pungli senilai Rp 1,9 juta, sekitar pukul 15.00 WIB.
Penangkapan itu, menurut Efendi, menindaklanjuti laporan masyarakat, yang merasa keberatan dengan adanya pungli yang diberlakukan Sugiarto, untuk mengurus bea balik nama surat tanah.
“Kami mendapat info bahwa kakam Agung Jaya, Kecamatan Way Kenanga melakukan pungli, dengan mengutip uang dari masyarakat yang hendak mengurus balik nama surat tanah yang terkena jalan tol,” terang Efendi, Minggu (16/4/2017).
“Kami gerak ke rumahnya, kami sergap. Dan ternyata, yang bersangkutan baru saja menerima sebagian uang pungli itu,” papar Efendi.
Saat penyergapan, barang bukti yang ditemukan berupa uang sejumlah Rp 1,9 juta. Kemudian, satu lembar kuitansi warna merah, yang bertuliskan tanda terima uang sejumlah Rp 1.250. 000 dari MA kepada MU, yang ditandatangani di Agung Jaya, Jumat. (JE/RZ)
Comments
Loading...