Di Kota Palangka Raya, Tahun Ini Tak Ada Peremajaan Alat Karhutla Untuk TSAK

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Menindaklanjuti permintaan lurah terkait peremajaan alat penanggulangan kebakaran Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK), pihak kecamatan mengakui bahwa pada tahun ini tidak ada alat baru.

Camat Jekan Raya, Sahrudin, mengatakan bahwa pada tahun ini memang tidak ada alat baru, pasalnya alat yang ada baru diberikan pada tahun 2016 lalu, dan dirasa masih mampu mengatasi kebakaran.

“Tahun ini memang tidak ada, hal itu disampaiakan oleh wakil walikota secara lisan kepada saya,” ucapnya saat dikonfirmasi diruangannya, kamis (20/4).

Dilanjutkannya, pada tahun ini tidak ada anggaran untuk alat pompa kebakaran karen memang pada tahun 2016 sudah dibagikan di setiap kelurahan, dan sampai saat ini semua masih berfungsi.

“Ada tiga kelurahan yang memang berpengaruh dalam penyumbang titik api, seperti di Kel. Menteng, Palangka dan Petuk Ketimpun. Memang bila dikatakan memadai alat yang ada, masih belum memadai,” pungkasnya.

Namun, bebernya pihak kecamatan Jekan Raya masih mengandalkan TSAK yang berada di Kel. Bukit tunggal, karena memang sarana dan prasarana alat sangat lengkap, sebab mereka bekerjasama dengan CSR.

“Meskinya setiap kelurahan harus lebih aktif untuk meminta bantuan, tidak harus mengandalkan Pemerintah kota, seperti meminta bantuan kepada setiap perusahaan atau pengusaha yang ada di lingkungan kelurahannya, sebab hal tersebut untuk kepentingan bersama, tidak mungkin mereka tidak memberi bantuan,” jelasnya.

Imbuhnya, kecamatan Jekan Raya juga sudah melakukan persiapan dengan melakukan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada TSAK yang ada di setiap kelurahan.

“Setiap 2 minggu sekali kami mengumpulkan TSAK yang ada untuk melakukan persiapan penanggulangan, sebab saat ini sebagian wilayah sudah ada masyarakat yang mulai membuka lahan, sehingga bila nanti terjadi kebakaran TSAK yang ada sudah siap,” pungkasnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...