Data Center Gangguan, Pencetakan e-KTP Terkendala

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Meskipun blangko e-KTP telah tersedia, namun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas sementara masih belum bisa melakukan pencetakan kartu tanda penduduk elektonik tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Disdukcapil Kabupaten Kapuas Sipie S Bungai mengatakan, pengambilan blangko e-KTP di Jakarta telah mereka lakukan pada 20 April 2017. Hanya saja pencetakan KTP masih belum bisa dilakukan lantaran adanya gangguan pada data center.

Namun menurut informasi, lanjut Sipie, kemungkinan KTP yang bisa dicetak sementara adalah untuk KTP pemula berusia 17 tahun ke atas yang sudah melakukan perekaman. “Seperti yang di Pangkalan bun informasi berita di televisi  bahwa yang bisa dicetak itu sementara adalah yang pemula, usia tujuh belas tahun ke atas,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (25/4/2017).

Nah, untuk Kabupaten Kapuas sendiri Sipie mengaku dirinya belum mengetahui secara pasti apakah pencetakan KTP yang akan dilakukan pihaknya nantinya sama seperti yang dilakukan di Pangkalan bun.

“Kita belum tahu apakah yang dicetak itu sama dengan seperti yang di Pangkalan bun yang pemula aja, dan untuk pergantian nanti aja dulu karena blangkonya terbatas, karena kita cuma dapat 10 ribu lembar saja blangko e-KTP-nya,” katanya.

Sementara ini, sambung Sipie, petugas Administrator Data Base (ADB) Disdukcapil Kapuas masih mengikuti pelatihan di Jakarta sehingga pencetakan e-KTP kemungkinan akan dilakukan pada akhir Mei ini. “ADB kita yang mengikuti pelatihan tanggal 28 April nanti balik ke Kapuas. Jadi, kemungkinan akhir bulan ini kita mulai melakukan pencetakan KTP,” ujarnya.

Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Disdukcapil Kapuas itu menambahkan, pihaknya memiliki PR (pekerjaan rumah) untuk pencetakan KTP tahun ini sebanyak 50 ribu lembar. Pencetakan akan dilakukan secara bertahap karena pada semester II Disdukcapil Kapuas kembali akan mendapatkan tambahan blangko e-KTP dari pusat.

“Sementara ini untuk e-KTP yang siap cetak sebanyak 13 ribu keping. Jadi, itu nanti yang segera harus kami selesaikan dalam waktu dekat ini dengan blangko yang ada,” pungkasnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...