Dari 88 Calon, Sebanya 82 Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Administrasi

Menaranews, DKI Jakarta – Hasil rapat pleno Komisi Yudisial (KY) menetapkan sebanyak 82 Calon Hakim Agung (CHA) lolos seleksi administrasi, Kamis (13/4). Seleksi tersebut dilaksanakan selama 15 hari berturut-turut pada 8 s.d. 29 Maret 2017, dan diperpanjang hingga 7 April 2017.

Juru Bicara KY, Farid Wajdi menjelaskan bahwa dari 82 CHA yang lolos administrasi tersebut, akan mengikuti seleksi kualitas (Seleksi Tahap II) pada 26 s.d. 27 April 2017 mendatang.

“Selanjutnya, bagi CHA yang memenuhi persyaratan administrasi berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu Tahap II (Seleksi Kualitas) yang akan dilaksanakan pada 26 s.d. 27 April 2017 di Balitbangdiklatkumdil Mahkamah Agung, Mega Mendung, Bogor” ungkapnya melalui siaran pers.

Untuk diketahui bahwa, CHA yang lolos ini terdiri atas 49 orang dari jalur karier dan 33 orang dari jalur nonkarier. Sementara berdasarkan kategori jenis kelamin, CHA tersebut terdiri dari 7 orang perempuan dan 75 orang laki-laki. Seleksi administrasi ini dilakukan dengan cara meneliti berkas kelengkapan CHA sesuai dengan persyaratan administrasi.

Berdasarkan jenis kamar yang dipilih, sebanyak 23 orang lolos seleksi administrasi di kamar Pidana, 29 orang lolos seleksi administrasi di kamar Perdata, 22 orang lolos seleksi administrasi di kamar Agama, 5 orang lolos seleksi administrasi di kamar Tata Usaha Negara, dan 3 orang lolos seleksi administrasi di kamar Militer.

Dilihat dari profesi CHA yang lolos seleksi administrasi, sebanyak 49 orang hakim karir, 17 orang akademisi, 1 orang notaris, 4 orang pengacara, dan 11 orang lainnya. (RF)

Comments
Loading...