Dana CSR Akan Lebih Terkoordinir Dalam Sebuah Forum

MENARAnews, Tabalong (Kalsel) – Pemkab. Tabalong bersama pimpinan perusahaan dan perbankan se-Kabupaten Tabalong melakukan pertemuan dan silaturahmi dalam rangka pembentukan Forum CSR Kab. Tabalong sore ini (12/4) di Wisma Tamu Bupati.

Pertemuan tersebut dihadiri beberapa pejabat Pemda seperti, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Ketua DPRD Tabalong Darwin Awi, Kepala Bappeda Tabalong, Erwan, Asisten III, Kabag Hukum, Kepala BLHD, juga terlihat dari pihak PT. Adaro Indonesia, pihak perbankan Bank Kalsel, pihak PT. Pertamina EP Tanjung, pengusaha pertanian

Bupati Tabalong, dalam sambutannya, mengatakan bahwa selama ini penyaluran dana CSR di Kab. Tabalong kurang terkoordinir secara menyeluruh, oleh karena itu, perlu dibentuk Forum CSR untuk mengatur proses dan cara kerja dana CSR guna pembangunan daerah.

Hal senada ditambahkan oleh Kepala Bappeda Tabalong. “Forum ini merupakan kegiatan silaturahmi dengan semangat kebersamaan untuk membahas evaluasi dan monitoring dana CSR. Selain itu, berdasarkan Perda No. 7 Tahun 2015 dan Surat Keputusan Bupati Tabalong tentang pembentukan Tim Koordinasi dan Sinkronisasi Program CSR maka Forum CSR Kab. Tabalong diharapkan terbentuk Tahun ini dengan melibatkan seluruh perusahaan di Kab. Tabalong yang berjumlah 33 dan OPD terkait,” sebutnya.

Terkait draft Struktur Forum CSR yang diusulkan meliputi Dewan Pengarah yang diketuai oleh Bupati Tabalong, Badan Pelaksana yang diketuai oleh Sekretaris Daerah, Sekretaris Forum CSR yang akan diketuai oleh pimpinan perusahaan atau perbankan yang dipilih, dan 5 kelompok kerja yaitu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, dan sosial budaya.

“Itu masih draft. Nanti akan dibentuk tim formatur,” kata Sekretaris Bappeda Tabalong yang menjadi moderator dalam pertemuan tersebut.

Menjawab pertanyaan dari Joko (PT. Adaro Indonesia) tentang tugas dari kelompok kerja kedepannya, Kepala Bappeda Tabalong, Erwan mengatakan bahwa tugas kelompok kerja diharapkan sesuai dengan isu-isu ke depan dan visi misi pemerintah Kab. Tabalong, seperti bidang pendidikan diharapkan dapat membantu kemajuan perguruan tinggi yang ada di Kab. Tabalong, bidang kesehatan diharapkan dapat sinkron dengan Rumah Sakit Daerah.

Forum CSR Kab. Tabalong diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh perusahaan di Kab. Tabalong dan OPD terkait untuk membahas penggunaan dana CSR yang selama ini dianggap kurang terkoordinasi sehingga penyaluran dana tepat sasaran dan tidak terjadi duplikasi atau overlapping dengan program pemerintah. (Firman)

Comments
Loading...