Bupati Irna Sebut Seba Baduy Bawa Pesan Moral

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Seba Baduy merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun oleh warga Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, untuk menyerahkan hasil alam kepada Pemerintah Provinsi Banten. Namun, sebelum ke Pemprov Banten, hasil alam tersebut singgah di Pendopo Pandeglang. (29/4/2017).

Bupati Pandeglang Irna Narulita menuturkan, Seba Baduy memberikan pesan moral yang mendalam. Hal itu dilihat dari pesan yang mereka sampaikan bahwa kelestarian alam dan lingkungan harus di jaga.

“Selain dari hasil bumi yang kita ambil, tentu kelestarian hutannya harus dijaga untuk kelangsungan ekosistem lainnya dan menjaga terjadinya bencana alam akibat dari erosi,” demikian disampaikan Bupati Irna saat menerima Seba Baduy di Pendopo Pandeglang.

Sementara itu, salah satu warga desa, Jaro Saidi membeberkan, seba ini tradisi turun – temurun (kokolot). Dimana, lanjut Saidi, Warga Baduy turun gunung untuk berikan hasil Bumi kepada Pandeglang, dan mengingatkan untuk menjaga kelestarian alam di Pandeglang.

“Jaga Gunung Karang, Aseupan, Pulosari, Madur, dan Leuwueng, laut supaya alam lestari dan jauh dari bahaya”, katanya. (IY)

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!