Berkas Pemberhentian Bupati Katingan Diserahkan ke Provinsi Kalteng

MENARAnews Palangka Raya (Kalteng) – Pasca dilaksanakan pengumuman keputusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia No.02 P/KHS/2017 perkara khusus Hak Uji Pendapat Antara DPRD Kabupaten Katingan melawan Bupati Katingan 29 Maret 2017 pada rapat paripurna sidang istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Senin (10/04), Beberapa rombongan dari perwakilan DPRD Kabupaten Katingan diantaranya Ketua Panitia Khusus Pahmi Fauji Wakil Ketua II, Alfauziansyah mendatangi Kantor Gubernur Kalteng terkait tindak lanjut hasil rapat sidang paripurna yang sudah dilaksanakan.

“Yakni menyampaikan hasil keputusan MA terkait dengan pemberhentian Bupati Katingan (Ahmad Yatenglie.red). Tadi hasilnya sudah diterima oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng dan akan segera menyerahkannya ke Gubernur Kalteng,” jelas Alfauziansyah, Selasa (11/04) di Palangka Raya.

Disampaikanya kembali, sejak terhitung mulai dari hari ini sampai dengan 30 hari kedepan, Menteri Dalam Negeri melakukan proses penilaian terkait tindaklanjut keputusan MA tersebut.

Setelah keputusan penilaian dari Menteri Dalam Negeri, lanjutnya lagi, DPRD Kabupaten Katingan akan melakukan sidang paripurna istimewa kembali untuk pemberhentian Bupati Katingan.

“Sekarang ini Gubernur lagi ada dj Jkarta dan Pak Sekda Provinsi Kalteng nanti malam akan berangkat langsung untuk menyampaikan ke Gubernur Kalteng terkait surat yang kita sampaikan tadi,” paparnya kembali.

Disisi lain, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Syahrin Daulay ketika diwawancarai menyampaikan, dirinya sudah menerima secara langsung berkas yang berkaitan dengan surat hasil keputusan MA RI.

“Berhubung surat tersebut disampaikan ke pada Gubernur Kalteng, tentunya surat ini nanti akan kita sampaikan ke Gubernur. Terkait arahannya seperti apa, mungkin Gubernur nantinya yang akan memberikan informasi lebih lanjut,” jelas Syahrin Daulay.

Dia menyampaikan, bahwa Gubernur Kalteng Sugianto Sabran masih dinas di luar daerah. Terkait kapan akan diserahkan berkas tersebut kepada Menteri Dalam Negeri, tentu lanjut Syahrin menyampaikan, akan dikoordinasikan terlebih dahulu.

Berdasarkan keputusan dari MA tersebut, selanjutnya DPRD Kabupaten Katingan menyampaikan kepada Menteri Dalam Negeri RI melalui Gubernur Kalteng untuk ditindaklanjuti sebagaimana aturan dan perundang-udangan yang berlaku.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...