Beragam Kegiatan Akan Warnai Perayaan Mayday Di Pandeglang, Apa Saja?

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Menjelang Hari Buruh atau Mayday, Serikat Pekerja PT. Cibaliung Sumberdaya telah mempersiapkan berbagai jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada puncak perayaan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2017 nanti, bahkan beberapa hari sebelumnya, akan dilaksanakan kegiatan sosial di sekitar PT. Cibaliung Sumberdaya.

“Sebetulnya kegiatan rutin itu (perayaan Mayday), sudah biasa dari tahun ke tahun cuma jarang di publish. Tahun ini kita ngadain lagi nanti dari tanggal 29 lah udah ada kegiatan, 29 itu rencananya kegiatan yang di sekitar kita, di lingkungan masyarakat, ada tempat pemakaman kita rapikan, bersihkan, yah bakti sosial lah. Kemudian di sekolah-sekolah ada anak sekolah sd kita udah survei ada yang mungkin beberapa anak sekolah diberikan bantuan Mayday. Baru nanti tanggal 1 (Mei) itu ada kegiatan perayaannya”, terang Ketua Umum Unit Kerja Serikat Pekerja PT. Cibaliung Sumberdaya Johan Dwiyantoro saat diwawancarai Wartawan MENARAnews melalui telepon seluler.

Sementara itu, untuk puncak perayaan Mayday dilakukan dalam bentuk senam aerobik, fun game, dan kegiatan donor darah yang difasilitasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI). “Tanggal 1 Mei nanti kita ada kegiatan, paling apel aja nanti sebentar, setelah itu ada kegiatan senam aerobik, baru nanti ada fun game, juga permainan-permainan, terus disitu juga kita udah undang dari PMI,nanti secara sukarela aja nanti ada donor darah”, pungkasnya.

Pada dasarnya, jumlah seluruh pekerja di PT Cibaliung Sumber Daya sekitar 800 orang. Namun, pihak penyelenggara hanya mempersiapkan kegiatan untuk peserta yang akan hadir sekitar 650 orang dari para pekerja diluar dari keluarga masing-masing pekerja. Hal ini dikarenakan puncak perayaan Mayday bertepatan dengan hari libur sehingga tidak menutup kemungkinan ada pekerja yang berhalangan hadir karena ada yang lebih memilih untuk liburan.

“Kita ada 800 orang (pekerja) cuman karena sekarang itu udah hari libur ya memang mungkin nggak semua hadir, mungkin ada yang liburan segala macam tapi biasanya kita persiapkan sekitar 650 orang”, tandas Johan.

Persiapan yang sudah dilakukan adalah melakukan rapat bersama dengan pihak terkait, kemudian pembentukan Panitia Pelaksana yang melibatkan sedikitnya 17 orang yang diketuai oleh M. Ulung Maulana dengan Wakil Ajat Sudrajat. “Saya memang delegasikan ada bentuk panitia 17 orang dan ketua panitianya Pak Ulung”, tuturnya.

Saat ditanya terkait eksistensi Serikat Pekerja Cibaliung Sumberdaya, dirinya mengakui bahwa serikat pekerja yang ia pimpin bersifat mandiri atau independen dengan memiliki AD/ART tersendiri yang berbeda dengan serikat pekerja lainnya. Namun, untuk kegiatan lain tetap memiliki solidaritas dengan serikat pekerja lainnya karena sesama pekerja selalu ada koordinasi.

“Kalau kita ini secara resminya kita mandiri tapi kita punya anggaran dasar sendiri kita ingin memisahkan diri dari yang lainnya tapi kegiatan yang lain kita tetap solidaritas, namanya sesama buruh, jadi selalu ada koordinasi, termasuk besok (Mayday) itu ada dari serikat lain mungkin ada juga yang ingin gabung”, imbuhnya.

Johan membeberkan, kegiatan Mayday tahun 2017 dipusatkan di Kabupaten Pandeglang, apalagi kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Dinas Tenaga Kerja. Hal tersebut sekaligus mempertegas bahwa tidak ada perwakilan dari serikatnya yang melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta layaknya serikat lainnya.

“Kalau tahun ini kami konsentrasikan di Pandeglang, kita jg ada support dari Disnaker untuk mengadakan kegiatan sendiri di Pandeglang”, jelasnya. (IY)

 

Comments
Loading...