Asuransi Pertanian Kalteng Disubsidi Pemerintah

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Petani di wilayah Kalteng tidak perlu kebingungan lagi jika terdapat gagal tanam, karena sekarang Kementerian Pertanian (Kementan) RI sudah bekerjasama dengan Jasindo untuk dapat memberikan program asuransi pertanian.

Kepala Kantor Jasindo Penjualan Kota Palangka Raya, Yopi Yusfianto, mengatakan bahwa asuransi pertanian di Kalimantan Tengah dengan periode per masa tanam dan bukan per tahun.

“Premi yang diberikan oleh Jasindo kepada masyarakat sebenarnya adalah 180 ribu per hektar per. Namun, mendapat subsidi dari pemerintah pusat melalui APBN sebesar 80 persen, jadi petani hanya diwajibkan membayar 20 persen saja,” ungkap Yopi.

Lebih lanjut, untuk memberikan sosialisasi kepada petani diperlukan anggaran, karena masyakat juga butuh biaya ketika datang pada acara sosialisasi.

“Saya beberapa kali ke lapangan, kalo info dari kabupaten, untuk mengumpulkan saja mereka minta ongkos,” ujarnya.

Jasindo di Kalteng hanya terdapat pada kota-kota besar seperti di Palangka Raya, Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat) dan Sampit (Kotawaringin Timur) sebagai kantor cabang. Sedangkan, Palangka Raya dan Pangkalan Bun hanya sebagai kantor penjualan.(zn)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...