Akhirnya Sungai Ulis Dibersihkan

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Setelah ramai diberitakan, salah satu anak sungai di wilayah Kota Kuala Kapuas yang tak terawat kini mulai dibersihkan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas.

Salah satu sungai yang telah dibersihkan tersebut yakni Sungai Ulis, Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat. Sedangkan satu sungai lagi yakni Sungai Usang, tampak belum dibersihkan oleh instansi itu.

Kepala Seksi Kebersihan Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas Ahmad Surianyah mengatakan, pembersihan Sungai Ulis dilakukan pihaknya sejak kemarin, Kamis (13/4/2017), hingga sekarang. “Hari ini kami masih melakukan pembersihan,” katanya, Jumat (14/4/2017).

Tak hanya sungai yang dibersihkan, Dinas PUPRPKP melalui Bidang Pertamanan dan Kebersihan serta bidang lainnya juga membersihkan rumput maupun sampah di bahu jalan Handil Ulis dan bahu jalan lainnya di wilayah Kota Kuala Kapuas. Bersih-bersih itu dilakukan guna menciptakan Kota Kapuas bersih menjelang penilaian Adipura.

Terkait Sungai Usang yang masih belum dibersihkan. Ahmad Suriansyah mengaku belum mengetahui kapan pihaknya akan membersihkan sungai itu. “Sementara Sungai Ulis ini aja yang kami bersihkan, sedangkan Sungai Usang mungkin menyusul dibersihkan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menginginkan Tim Satgas Adipura segera  memprogramkan kerjasama dengan camat, lurah sampai RT/RW untuk kerja gotong royong membawa masyarakat membersihkan daerah perumahannya masing-masing. “Harapan kita kedepan gotong rotong bersih-bersih menjadi budaya masyarakat,” tulis Bupati di group WhatsApp Tim Satgas Adipura 2017.

Sebelumnya keberadaan dua anak sungai di wilayah Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas yakni Sungai Ulis dan Sungai Usang diduga tidak pernah dibersihkan oleh instansi terkait. Pasalnya, sungai itu tertutup semak belukar.

Dua sungai yang berada di wilayah Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas itu menurut warga dulu sangat bersih bahkan bisa dilewati sampan, tapi karena sudah lama tidak dibersihkan membuat aliran sungai itu sekarang menjadi dangkal dan ditumbuhi semak belukar. (irf)

 

Comments
Loading...