2018 Pemko Palangka Raya Turunkan 25 Bus Angkutan Umum Gratis

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perhubungan Kota berencana melakukan gebrakan baru. Hal itu dilakukan demi memfasilitasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait transportasi. Pemerintah siap menyediakan 25 unit bus berpenumpang 25 orang di seluruh kota.

Penyediaan dan penggunaan armada itu dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Ditargetkan 2018 nanti seluruh armada siap dioperasikan bilamana tidak ada halangan. Namun terlebih dahulu akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk melihat respon pihak angkutan kota (angkot) yang ada saat ini.

“Dipersiapakan tahun 2018 bus umum dengan menyediakan 25 unit, ini untuk masyarakat dan anak sekolah dalam memberikan kesempatan bagi warga pinggiran untuk menikmati tranportasi berbasis kerakyatan. Gratis dan tidak dipungut biaya,” ungkap kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Eldy, Rabu (12/04).

Eldy mengungkapkan sebelum melakukan atau menerapkan hal itu pihaknya akan memberikan pengertian kepada masyarakat, terutama bagi pengemudi angkutan umum dan armada lain. Hal itu agar tidak ada pertentangan maupun kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

” Sosialisasi itu pastilah biar gak ada bentrok. Sekarang kan zaman sulit, nyari penumpang sulit ditambah lagi dengan rencana itu makanya kita liat dulu,” ungkapnya.

Untuk mendorong dan mengoptimalkan rencana itu, lanjut Eldy, pihaknya juga akan memiliki delapan halte. Yakni di kawasan Klampangan,  Mahir Mahar Km 10, sekitar Bandara Tjilik Riwut, jalan RTA Milono, Bukit Rawi, Tumbang Rungan dan Rakumpit serta pasar Besar.

“Pokoknya kalau ini sudah terwujud maka masyatakat dipastikan lebih enak untuk menikmati tranportasi dengan delapan halte yang akan disediakan,” tutur Eldy.

Eldy menambahkan masyarakat atau pemilik angkot tidak perlu kuatir atas keberadaan bus itu, karena pemerintah juga akan mencarikan sulusi bijak dalam menyikapi persoalan keberadaan bus milik Pemko tersebut.

“Jangan khawatir, rezeki itu ada yang ngatur. Nah kalau untuk operasionalnya nanti juga akan dibahas, intinya ini masih program namun siap direalisasikan,” pungkasnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...