14 Ribu Kartu Identitas Anak di Kapuas Telah Dicetak

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, telah mencetak sebanyak 14 ribu lebih Kartu Identitas Anak (KIA), dari target sebanyak 80 ribu.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Disdukcapil Kabupaten Kapuas Sipe S Bungai mengatakan, pencetakan KIA akan terus mereka lakukan, setidaknya hingga habis blangko KIA siap cetak yang dikirim pemerintah pusat sebanyak 62 ribu lembar. “Mudah bisa terealisasi 50% lebih dari target yang ada,” katanya di Kuala Kapuas, Rabu (26/4/2017).

Dalam merealisasikan program kartu identitas anak, Disdukcapil bekerjasama dengan pihak sekolah baik PAUD, TK, SD sampai SMP. “Untuk pendataan kita bekerjasama dengan pihak sekolah anak masing-masing,” terang Sipie.

Setelah menuntaskan pendataan KIA di wilayah Kecamatan Selat, selanjutnya Disdukcapil akan merambah ke wilayah kecamatan lainnya. Menurut Sipei, pendataan dilakukan terhadap anak yang sudah memiliki akta kelahiran, sedangkan yang belum memiliki akta kelahiran dihimbau untuk segera membuat akta kelahiran.

“Kalau yang belum memiliki akta untuk KIA-nya belum bisa kita keluarkan atau cetak. Jadi, untuk bapak ibu yang anaknya belum memiliki akta supaya cepat mengurus aktanya supaya dia bisa dapat membuat kartu identitas anak,” harapnya.

Sipie mengungkapkan, berdasarkan evaluasi data akta yang dilakukan Disdukcapil Kapuas, bahwa baru sekitar 40% saja jumlah anak di daerah setempat yang memiliki akta kelahiran. Karenanya, bagi yang belum memiliki akta kelahiran dihimbau untuk segera mengurus ke Disdukcapil Kapuas.

“Karena dasar untuk pencetakan KIA harus ada nomor akte kelahiran. Jadi, yang belum membuat akta silahkan datang ke Kantor Disdukcapil Kapuas, kami siap membantu dan tidak ada pungutan,” pungkasnya.(irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...