Way Kiri Meluap, Jalan Utama di Tubaba Terputus

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Akibat hujan lebat yang sangat lama di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), salah satu sungai terbesar di kabupaten tersebut meluap, sehingga luapan air dari Sungai Way Kiri itu memutus akses sepanjang satu kilometer yang menghubungkan Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Pagar Dewa di Tiyuh (Desa) Penumangan.

Akibatnya, kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintas sampai ke desa-desa. Badan jalan terendam air setinggi lebih 1 meter. Sehingga akses transportasi darat di daerah tersebut terputus.

“Sejak satu pekan ini jalan provinsi penghubung wilayah timur Tubaba mulai terendam banjir, namun jika ada warga dan kendaraan roda dua yang hendak melintas saya bantu menyebrang menggunakan sampan,” kata Ismail (73) warga Penumpangan pemilik sewa sampan kepada Wartawan, Senin (13/3/2017).

Tahun ini merupakan banjir  terbesar selama dua tahun terakhir,” Banjir terparah tahun 2014 lalu dan sempat menelan korban jiwa yang hanyut beserta sepeda motornya,” ujar Ismail yang bekerja sebagai nelayan di daerah tersebut. Kejadian itu membuatnya trauma, sehingga ia sengaja standby dengan perahu kecilnya yang sehari-hari ia gunakan untuk mencari ikan di bantaran sungai Way kiri,” untuk warga yang hendak menggunakan jasa saya, cukup membayar Rp 10.000 itupun yang mau saja,” kata dia.

Warga sekitar berharap jalan yang menguhungkan akses ke beberapa kecamatan Tubaba dan Kabupaten Way Kanan itu dapat ditimbun agar terhindar dari luapan sungai yang terjadi setiap awal tahun.

“Seharusnya pemerintah bisa mengantisipasi tingginya timbunan jalan tersebut untuk menghindari luapan banjir yang terjadi tiap tahun ini tidak melebihi bahu jalan provinsi tersebut,” harap dia.

Dari pantauan MENARAnews.com, sejak terputusnya jalan lintas tersebut banyak kendaraan terpaksa memutar arah melintas di Jalan Lintas Timur melewati Kabupaten Tulang Bawang. Begitu juga dengan kendaraan dari arah kecamatan Lambu Kibang, Pagar Dewa dan sekitarnya terpaksa memutar untuk menuju Kabupaten Tubaba. (JE/RZ)

Comments
Loading...