Wah, Kades Lamunti Divonis Sembilan Bulan Penjara

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Tindak pidana penggelapan uang koperasi Globalindo Mitra Sejati (KGMS), Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas diputuskan oleh majelis hakim pada, Kamis (30/3) di ruang sidang Pengadilan Negeri Kuala Kapuas.

Dalam putusannya, terdakwa I atas nama Mubin (50) selaku bendahara II KMS divonis penjara enam bulan, dan terdakwa II atas nama Supratman (35) Kepala Desa Lamunti Permai divonis sembilan bulan penjara. “Terdakwa I dan terdakwa II secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan uang koperasi Globalindo Mitra Sejati,” kata Nurhayati Nasution SH MH saat membacakan putusan kedua terdakwa tersebut, kamis (30/3) Sore.

Setelah itu, majelis hakim menanyakan kepada kedua terdakwa apakah menerima putusan, pikir, atau banding. Untuk terdakwa I menjawab pikir-pikir. Sedangkan terdakwa II terlebih dulu berkonsultasi dengan penasehat hukumnya. “Kita pikir-pikir,” ucap PH terdakwa, Wanas Unan Sawang SH MH kepada majelis hakim.

Di tempat terpisah, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ario Wicaksono SH MH mengatakan pihaknya juga pikir-pikir. “Saat ini kami nilai putusan itu sudah tepat,” ujar JPU tersebut.

Mengenai kemungkinan akan adanya upaya-upaya hukum yang akan dilakukan pihak terdakwa, dirinya siap untuk memenuhinya. “Kita siap jika ada upaya hukum selanjutnya,” kata Ario Wicaksono.

Untuk diketahui, terdakwa I dituntut JPU dengan penjara satu tahun, sedangkan terdakwa II dituntut dengan penjara satu tahun enam bulan. (hd)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...