UNBK 2017, 1.292 Nyatakan Kesiapan

MENARAnews, Medan (Sumut) – Jelang Ujian Nasional, sekolah di seluruh kabupaten/kota di Sumut mulai melakukan serangkaian persiapan. Diantaranya adalah persiapan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ada sekitar 1.292 sekolah yang sudah siap menggelar UNBK di Sumut. Rencananya UNBK digelar April 2017. Di 2016 hanya ada 96 sekolah yangenggelar UNBK.

“Peserta sekolah tingkat SMA, SMK, MAN, SMP, MTS yang ikut sangat meningkat seluruhnya berjumlah 1.292 unit sekolah yang ada di kabupaten kota se Sumut,” kata , Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumut Arsyad Lubis, Selasa (21/03/2017).

Meningkatnya jumlah sekolah yang ikut UNBK adalah berkat kerjasama perguruan tinggi negeri dan swasta dengan Pemprov Sumut melalui MOU antara Gubernur Sumut dengan beberapa Rektor di Sumatera Utara.

Selain itu juga karena faktor kesiapan sekolah yang mampu memfasilitasi peralatan komputer serta jaringan internet di masing-masing sekolah.

“Kita bersyukur karena perguruan tinggi ‎itu bersedia meminjamkan alat-alat lab mereka kepada Dinas Pendidikan berupa komputer untuk dipakai oleh sekolah dalam melaksanakan ujian nasional berbasis komputer,” jelasnya.

Selain perlengkapan komputer, Arsyad juga mengimbau kepada seluruh sekolah agar menyediakan mesin genset saat berlangsungnya UNBK nanti. Ia juga berpesan agar tetap berkordinasi dengan pihak PLN untuk membantu meminimalisir pemadaman listrik.

Dari 33 kabupaten kota di Provinsi Sumut, baru tiga daerah yang 100 persen siap melaksanakan UNBK pada tahun 2017 ini. Ketiga daerah tersebut yakni, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Tapanuli Tengah. (Yug)

Comments
Loading...