Ujian Nasional Berbasis Komputer Akan Digelar di Kapuas

Bagaimanakah Kesiapannya?

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dilaksanakan ditahun ajaran 2017 ini di beberapa sekolah se-Indonesia. Akan tetapi, pelaksanaannya hanya bisa diterapkan di beberapa sekolah yang memang sudah siap untuk menggunakan sistem UNBK tersebut.

Untuk Kabupaten Kapuas, diketahui untuk tingkat SMP hanya MTsN Selat yang menyatakan kesiapannya, sedangkan ada sebanyak 115 SLTP yang gagal untuk melaksanakan UNBK di Daerah Kapuas.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kapuas, H Ahmad Bahruni mengatakan MTsN Selat sudah menyatakan kesiapannya untuk menggelar UNBK ditahun 2017 ini, sedangkan 38 MTs Swasta di Daerah Kapuas hanya menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Untuk pelaksanaan UNBK memang laboratorium komputer milik MTsN Selat masih belum memadai atau terbatas. Namun dikarenakan sudah terdaftar di Pusat untuk kesiapan UNBK ini, maka MTsN Selat akan melakukan kerjasama dengan SMKN 3 Selat dalam pelaksanaan nantinya,” ucapnya.

Diperkirakan ada sebanyak 223 siswa yang akan mengikuti UNBK ditahun ini. Oleh karena itu, fasilitas peralatan komputer yang tersedia anak disesuaikan dengan jumlah siswa tersebut.

“Terkait dengan kesiapan siswa, mengingat UNBK ini merupakan Standar Nasional. Pestinya keputusan dari pusat tersebut memiliki referensi dan pemetaan pendidikan untuk kedepannya,” kata Bahruni.

Bahruni menegaskan, masalah kesiapan dalam mengikuti UNBK tersebut bisa dibilang selalu siap. Katanya untuk tingkat SLTP hanya MTsN Selat lah yang siap melaksanakannya. “Ini merupakan kompetensi dunia Pendidikan, Bagaimana menyetarakan standarisasi Pendidikan,” pungkasnya. (kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...