Tari Manasai, Jadikan 313 Sebagai Semangat Mengangkat Budaya Lokal

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Dalam rangka Hari Ulang Tahun Korem 102/Pjg yang ke 43 dan juga pemecahan Rekor Muri menari manasai terbanyak. Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S bahat MM MT membuka secara resmi kegiatan Tari Manasai yang dilakukan bersama-sama dengan Dandim 1011/KLK Letkol Inf A Syaikhu S.Ag, Sekda Kabupaten Kapuas Rianova SH, para Kepala OPD yang ada di Kabupaten Kapuas serta seluruh masyarakat Kapuas, Jum’at (31/3) Pagi di Stadion Panunjung Tarung.

Sebelum ikut menari bersama orang nomor satu di Kota AIR tersebut menyampaikan ucapan syukurnya karena dapat bersama dalam rangka memecahkan Rekor Muri menari manasai untuk memeriahkan Hari ulang tahun ke 43 Korem 102 Panju Panjung yang bersama-sama dilakukan di Kabupaten Kota se Kalimantan Tengah serentak hari ini. “Saya minta semuanya semangat saat nanti menari manasai,” ungkap Ben.

Pada kesempatan itu ia juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 43 untuk Korem 102 Paju Panjung secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas. Ia juga menyampaikan rasa bangganya dengan masyarakat Kabupaten Kapuas. “Semua masyarakat Kabupaten Kapuas luar biasa karena selama ini selalu rukun dan damai serta selalu bersatu, mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan kita karena kita adalah bersudara,” terang pada saat itu.

Masih ditempat yang sama Dandim 1011/KLK juga menyampaikan rasa bangganya karena dapat bersama dengan masyarakat Kapuas. “Kita bersama-sama berada dihari bersejarah yaitu 313 dimana kita memberikan semangat untuk pemecahan muri dengan menggangkat budaya lokal yaitu Tari Manasai,” ungkap A.Syaikhu. Ia menerangkan alasan kenapa melakukan Tari Manasai karena menurutnya Tari Manasai adalah budaya asli daerah dari Kalimantan Tengah yang senantiasa harus dilestarikan dan dibudayakan dalam kehidupan.

“Semangat Tari Manasai adalah semangat kebersamaan kita bersama, tidak ada perbedaan kita sama-sama turun, kita menari bersama, kita rajut kebersamaan, tidak ada perbedaan suku  agama atau apapun kita satu bangsa Indonesia oleh karena itu dengan semangat Tari Manasai ini kita jaga bersama kekompakan kerukunan untuk menuju Kapuas yang maju dan Kapuas yang jaya,” ucapnya dengan penuh semangat.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk mensukseskan kegiatan Tari Manasai se-Kalimantan Tengah itu. Setelah selesai melakukan Tari Manasai kegiatan tersebut tambah meriah saat Bupati Kapuas menyumbangkan suara emasnya dan melakukan pembagian doorprize secara langsung, yang hadiah utama berupa satu buah sepeda motor dari Bupati Kapuas serta ratusan hadiah-hadiah lainnya.(hmskmf)

Editor: Hidayat

 

Comments
Loading...