Simposium Masyarakat Adat Buka Rangkaian Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-5

MENARAnews, Medan (Sumut) – Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke 5 mulai dilangsungkan pada hari ini, (15/3/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Abdul Kadir Harun Noeh, Tanjung Gusta, Medan, dibuka dengan agenda Simposium Masyarakat Adat. Hadir dalam Simposium antara lain Abdon Nababan selaku Sekjen AMAN dan Jaleswari Pramodhawardani (Deputi 4 Kepala Staf Kepresidenan RI). Selain itu, Luthfi A. Mutty (Anggota Badan Legislatif DPR-RI), Ahmad Sodiki (Mantan Anggota Mahmakamah Konstitusi), Ricardo Simarmata (Penyusun Draft RUU Masyarakat Adat), Suhajar Diantoro, Hadi Daryanto (Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan  Bahrumsyah (Perwakilan Kementerian Agraria dan Tata Ruang) juga ikut berhadir sebagai pembicara dalam saresehan pertama bertajuk Tata Negara dan Re-organisasi Negara.

Tampak juga berbagai kelompok masyarakat adat yang berasal dari seluruh Indonesia. Rencananya, pelaksanaan KMAN ke 5 akan dilangsungkan mulai hari ini, sampai Minggu (19/3/2017).

Seluruh rangkaian kegiatan akan dilangsungkan di Desa Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Rangkaian acara dimulai dengan kegiatan sarasehan yang nantinya akan mengupas berbagai hal mengenai masyarakat adat. Kegiatan sarasehan tersebut akan dilangsungkan selama dua hari yang dimulai hari ini. Selanjutnya, KMAN akan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi pada Jumat (17/3/2017).

Rencananya, Presiden RI, Joko Widodo, akan hadir dalam acara pembukaan. Selain itu, nantinya juga akan dilaksanakan pawai budaya dari seluruh masyarakat adat se-Indonesia. (Kar)

Comments
Loading...