Sidang Ke-13, Ahok Datangkan Kakak Angkatnya

Menaranews, DKI Jakarta – Sidang ke-13 kasus dugaan penistaan agama Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendatangkan Andi Analta Amier kaka angkatnya pada persidangan kali ini. Hal itu ditegaskan kuasa hukum Ahok tidaklah dilarang.

Dalam Pasal 145 Het Herziene Indonesisch Reglemen atau HIR menyebutkan bahwa salah satu saksi yang tidak dapat didengar kesaksiannya adalah keluarga sedarah dan keluarga semenda dari salah satu pihak menurut keturunan yang lurus.

“Kakak angkat tidak dilarang beri kesaksian. Yang dilarang saudara sedarah. Jadi pak analta tak dilarang,” tegas Kuasa Hukum Ahok, I Wayan Sudirta di depan Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (7/3).

Analta nantinya akan menjelaskan bagaimana kehidupan Ahok sejak ditetapkan dan dibesarkan pada ayah dan ibunya yang beragama muslim, meski dilahirkan oleh kedua orang tuanya beragama Nasrani. Dalam kehidupan pribadinya, Ahok juga kerap berinteraksi dengan teman-temannya yang beragama Islam.

“Pak Analta Amier akan menjelaskan tekadnya (Ahok) membangun saudara muslim tempat-tempat ibadah Muslim. Dia akan ceritakan semua sehingga masyarakat tahu,” tandasnya.

Ada tiga orang yang telah dikonfirmasi hadir sebagai saksi meringankan Ahok. Mereka adalah Bambang Waluyo Djojohadikoesoemo, Andi Analta Amier yang merupakan kakak angkat Ahok dan Eko Cahyono. (ZH)

Comments
Loading...