Sekda Tolikara Tinjau Pembangunan Jalan di Distrik Bokondini

MENARAnews, Tolikara (Papua) – Sekda Kabupaten Tolikara, Drs. Panus Kogoya didampingi Kadis PU Kabupaten Tolikara, Amos Wenda dan Danpos 756 Bokondini, meninjau pembangunan jalan 5 km lebih dari Distrik Bokondini menuju Distrik Bokoneri di Bokondini Tolikara, Rabu (14/3/2017).

Sekda Kabupaten Tolikara saat meninjau pembangunan jalan di Bokondini mengatakan bahwa dalam tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Tolikara telah menetapkan berbagai prioritas pembangunan terutama pembangunan fisik seperti jalan dan jembatan di seluruh daerah Tolikara. Karena itu, Sekda menegaskan pembangunan jalan kali ini diawali dari arah bagian timur Tolikara yaitu dari wilayah Pembangunan IV di Bokondini.

Diakuinya, banyaknya prioritas pembangunan Insfrastruktur daerah seperti jalan dan jembatan serta pembangunan kantor dinas dan perumahan Dinas, perumahan warga yang sudah di anggarkan dalam tahun 2017 sehingga bidang pembangunan Insfrastruktur ini harus dimulai lebih awal dibanding program prioritas lainnya.

Menurutnya masyarakat yang hidup di daerah pengunungan tengah Papua terutama di daerah Tolikara yang memiliki topografi bergunung – gunung antara satu distrik dengan distrik atau Kampung lain mengakibatkan semua akses pemenuhan kebutuhan dasar sangat sulit terpenuhi, sehingga warga di kampung – kampung belum mampu bangkit dari keterbatasan dan keterbelakangan dalam keluarga.

Kondisi ini membuat kesejahteraan keluarga di daerah pengunungan tengah Papua terutama warga Tolikara belum bisa bangkit. Untuk mengatasi berbangai kesulitan warga tersebut Pemerintah daerah Tolikara dalam tahun 2017 ini telah menetapkan prioritas pembangunan di segala bidang terutama Insfrastruktur fisik.

Diakuinya sejumlah pembangunan insfrastruktur fisik dan non fisik sudah dibagun Pemerintah Tolikara terutama pembangunan yang menyentuh langsung dengan kesulitan warga diantaranya ruas jalan Bokondini menuju Karubaga Ibu Kota Kabupaten Tolikara,dan Listrik Pembangkit mikro hindro,kantor kas pembantu Bank Papua cabang Karubaga di Bokondini,dan sejumlah pembangunan lainnya. Semua itu dilakukan semata – mata untuk meningkatkan kesejateraan warga Tolikara. Oleh karena itu, dirinya berharap kepada seluruh warga Tolikara hendaknya mendukung penuh semua program yang terus di gulirkan saat ini, terutama pembangunan jalan.

Pemerintah juga meminta kepada masyarakat untuk tidak menghalangi pekerjaan dengan memasang plang dan ganti rugi tanah. Hal ini akan membuat pekerjaan yang harus selesai cepat sering molor.

“Dalam tahun ini kaum perempuan dari Gereja GIDI berencana akan mengelar seminar tingkat wilayah Bogo, karena itu pemerintah Tolikara dengan cepat mengawali pembangunan infrastruktur dasar dari Bokondini. Sehingga pada saat pelaksanaan kegiatar seminar ini berjalan lancar dan sukses. Pembangunan yang serupa juga akan dilaksanakan di daerah lain seluruh Tolikara”, ujar Panus.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tolikara Amos yikwa menyatakan kesiapannya mendukung penuh semua program prioritas bidang insfrastruktur dasar lainnya,dirinya sebagai putra Tolikara sangat paham kondisi wilayah Tolikara. Karena itu dirinya bersedia dengan cepat menjalankan semua program prioritas ini.

Tinjauan Pembangunan jalan dari Distrik Bokondini menuju Distrik Kamboneri oleh Sekda Tolikara didampingi Kadis PU Tolikara tersebut diawali dengan ibadah Syukur bersama warga Bokondini dan Bokoneri yang di gelar di Distrik Bokondini.

Dalam ibadah syukur tersebut dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta tokoh perempuan, dan ratusan masyarakat. (derwes y)

Comments
Loading...