Sahdar Geruduk Seminar Revisi UU KPK, Kenapa?

MENARAnews, Medan (Sumut) – Kampus Fakultas Hukum USU tiba-tiba digeruduk puluhan massa yang mengatasnamakan diri Sentra Advokasi untuk Hak Pendidikan Rakyat (Sahdar), Jumat (17/03/2017).

Ternyata unjuk rasa digelar tepat dengan kedatangan Kepala Badan Keahlian DPR RI Johnson Rajagukguk ke sana.  Dia datang untuk menjadi pembicara dalam seminar, Urgensi Perubahan UU No. 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang digelar di ruang Peradilan Semu, Fakultas Hukum USU.  Massa menuntut agar mereka bisa masuk ke dalam ruang seminar dan menyampaikan aspirasi langsung kepada Johnson. Namun keinginan itu tidak diakomodir Dekan Fakultas Hukum, Budiman Ginting. Dia hanya memperkenankan perwakilan pendemo mengikuti jalannya seminar dengan alasan kapasitas ruangan acara.

“Forum (seminar) ini bukan sosialisasi atas hasil final revisi, tetapi untuk memberi masukan. Apa yang kalian demo? Fakultas Hukum USU tidak di posisi mendukung atau menolak revisi. Kalau kalian mau ikut di dalam, silahkan, tapi cukup perwakilan saja,” tegas Budiman saat menemui pendemo.

Pendemo pun akhirnya tidak mengutus perwakilannya ke dalam. Mereka memilih menunggu acara usai.

Koordinator aksi, Masri Harahap mengatakan, tujuan mereka berunjuk rasa hari ini adalah untuk menolak empat poin aturan yang akan dicantumkan di dalam revisi. Penolakan itu diajukan agar KPK sebagai lembaga anti rasuah tidak mengalami pelemahan.

Pertama, rencana pembentukan Dewan pengawas Eksternal yang dipilih oleh DPR (Pasal 37A-Pasal 37F). Kedua, kewenangan penyitaan dan penyadapan hanya boleh dilakukan KPK atas persetujuan (izin) dari Dewan Pengawas (Pasal 12A-Pasal 12E). Ketiga, KPK hanya dapat mengangkat penyidik yang berasal dari kepolisian, kajaksaan dan atau PPNS (Pasal 43-Pasal 45B). Dan keempat, regulasi kewenangan penghentian penyidikan/SP3 (Pasal 40).

Akhirnya, para pendemo berhasil menyampaikan tuntutannya langsung kepada Johnson Rajagukuk yang menemui mereka setelah acara berakhir. (Yug)

Comments
Loading...