Sahat Sinurat: Pemberian Sertifikat Tanah adalah Wujud Reforma Agraria

MENARAnews, Medan (Sumut) Pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat yang dilakukan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dinilai sebagai suatu langkah yang tepat dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Sahat Martin Philip Sinurat yang didampingi Koordinator Wilayah I PP GMKI, Swangro Lumbanbatu menilai, sebagai wujud reforma agraria yang salah satunya melalui pemberian sertifikat tanah merupakan langkah yang sangat ditunggu masyarakat. Namun, ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan, sehingga program ini bisa benar-benar bermanfaat bagi rakyat dan bukan membawa mudarat.

Hal yang harus diperhatikan itu, sebut Sahat, pertama pemerintah harus juga memberikan pemahaman kepada masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tentang bagaimana menggunakan sertifikat tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Misalnya melalui agunan untuk mendapatkan kredit usaha rakyat, serta pembinaan dan pelatihan UMKM ataupun keahlian,” kata Sahat.

Sahat khawatir jika masyarakat tidak mempunyai kompetensi, maka rakyat tersebut akan menjual tanahnya agar segera mendapatkan dana cepat.

Hal kedua yang harus diperhatikan juga, ungkap Sahat, adalah bagaimana komitmen pemerintah daerah dalam menindaklanjuti hak kepemilikan tanah masyarakat, terkhusus masyarakat adat.

Selanjutnya Swangro Lumbanbatu Koordinator Wilayah I PP GMKI, mengatakan pembangunan Kawasan Danau Toba juga membutuhkan keseriusan pemerintah Sumatera Utara dalam membuat kebijakan dan program yang tidak hanya memberi akses kepada pemilik modal, tapi juga jaminan dan kemudahan bagi rakyat setempat  untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Pemerintah pusat harus terus mengingatkan pemerintah sumatera utara agar harus juga memastikan pembangunan KDT tidak kemudian menyebabkan ditinggalkan kearifan lokal dan membiarkan rakyat menjadi penonton di daerahnya sendiri.” tutupnya. (Pik)

Comments
Loading...