Revisi UU KPK Mendapat Sorotan Koalisi Mahasiswa Kota Medan

MENARAnews, Medan (Sumut) – Sejumlah mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar demonstrasi menolak revisi UU KPK. Demo digelar berbarengan dengan seminar nasional soal urgensi revisi UU KPK Nomor 30 Tahun 2002 di kampus USU, Jumat (17/3/2017).

Pantauan MENARAnews.com, mahasiswa yang berdemo membawa spanduk berisi penolakan revisi UU KPK. Ada juga spanduk putih yang disiapkan untuk diisi tanda tangan para mahasiswa penolak rencana revisi UU KPK.

“Tolak revisi Undang-Undang KPK. Menurut kami, ini pelemahan KPK,” kata mahasiswa USU bernama Hendra Manurung di kampus USU, Medan, Jumat (17/3/2017).

Bukan cuma mahasiswa, sejumlah pengendara yang melintas juga ikut menandatangani penolakan revisi UU KPK, termasuk beberapa peserta yang menghadiri seminar tersebut. Demo ini mendapat pengawalan dari sekuriti kampus.

Rektor USU Runtung Sitepu sebelumnya menyebut seminar di kampusnya diisi dengan diseminasi revisi UU KPK. Dia menegaskan tidak ada bahasan soal upaya pelemahan KPK.

“Menurut kami, ini justru memberikan kesempatan kepada para akademisi untuk memberikan masukan. Masukan ini tentu saja berkaitan dengan draf RUU itu. Di mana jika RUU dianggap hal-hal yang, katakanlah, memperlemah KPK misalnya, saya kira ini akan mendapat sorotan tajam nanti dari akademisi,” kata Runtung (Pik)

Comments
Loading...