Resmikan Rumah Pintar Pemilu, KPU Banten Apresiasi KPU Pandeglang

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Kebutuhan informasi akan pemilu semakin mendesak, apalagi informasi tentang pemilu sangat menentukan tingkat partisipasi pemilu suatu daerah. Untuk itu, dalam rangka mewadahi informasi tentang pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menggelar membentuk Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diresmikan langsung oleh Ketua KPU Banten Agus Supriatna. (31/03/2017)

“Syukur alhamdulillah karena hari ini dapat diselenggarakan Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) walaupun masih ada keterbatasan”, terang Kepala Divisi dan Partisipasi Masyarakat KPU Pandeglang Ida Jahidatulfalah saat menyampaikan sambutannya pada Launching Rumah Pintar Pemilu KPU Pandeglang di Aula Kantor KPU Pandeglang.

Ia membeberkan, RPP diawali dengan media center KPU RI Periode 2001-2007, kemudian kebutuhan atas informasi pemilu dan demokrasi sehingga dipandang perlu wadah informasi terkait pemilu. Untuk itu, KPU RI mengeluarkan buku pedoman tentang RPP dan ditindaklanjuti KPU Pandeglang dengan membuat RPP.

“RPP menyediakan 1 sudut baca (pojok baca), buku pemilu dan demokrasi, display kegiatan, sudut audio visual, display logisitik seperti tinta, kotak dan bilik suara yang digunakan dalam pemilu”, tambah Ida.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Pandeglang Endang Suhendar menuturkan, pihaknya mengapresiasi KPU Pandeglang karena sudah membentuk RPP. “Untuk itu, diharapkan pembentukan RPP dapat dijadikan sebagai pusat pendidikan, informasi, dan pelestarian sehingga menambah wawasan bagi siswa dan masyarakat”, ujarnya.

Ia menjelaskan, semoga denga adanya RPP diharapkan ada peningkatan pada pemilu selanjutnya hingga partisipasi pemilu mencapai 70 persen.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriatna mengatakan, KPU Provinsi Banten mengapresiasi KPU Pandeglang karena pertama kali membentuk RPP dari 8 KPU Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten.

“Tujuan pembentukan RPP yaitu untuk memahamkan masyarakat terkait penting demokrasi harus dijaga dan dirawat. Selain itu, untuk mengedukasi masyarakat Pandeglang agar nantinya partisipasi pemilu akan meningkat”, pungkasnya. (IY)

Comments
Loading...