Program Cetak Sawah Kapuas, 4 Desa Berhasil 2 Desa Terkendala

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Program cetak sawah yang tengah direalisasikan dari tahun 2016 lalu sampai saat ini masih berjalan, terdapat ada 6 Desa dari 3 Kecamatan di Kabupaten Kapuas yang mendapatkan pembagian lahan 1000 Ha untuk cetak sawah tersebut.

Adapun untuk pembagian lahan 1000 Ha tersebut yaitu di Kecamatan Bataguh tepatnya di Desa Terusan Makmur seluas 70 Ha, Terusan Karya seluas 140 Ha, Terusan Mulya seluas 140 Ha, di Kecamatan Tamban Catur tepatnya di Desa Tamban Baru Tengah seluas 250 Ha dan di Kecamatan Kapuas Barat Tepatnya di Desa Sungai Pitung seluas 200 Ha dan Sungai Kayu seluas 200 Ha.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kapuas Ir Anjono Bhakti MM melalui Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Putra Ardana SP mengatakan sampai saat ini ada 4 Desa yang telah selesai panen. Desa tersebut antara lain Desa Terusan Karya, Terusan Makmur, Terusan Mulya dan Sungai Pitung.

“Untuk keempat Desa tersebut secara fisik telah berhasil 100 persen panen,” ucapnya, jum’at (24/3).

Lanjut Putra, Sedangkan untuk 2 Desa lainnya dalam program cetak lahan sawah 1000 Ha ini, sedang terkendala pada proses penanaman. Hal tersebut dikarenakan cuaca yang menyebabkan air pada lahan persawahan naik sehingga para petani tidak bisa bercocok tanam dilahan yang telah disediakan tersebut.

“Untuk Desa Tamban Tengah dan Sungai Kayu sedang kami usahakan untuk menurunkan ketinggian air secepatnya, apakah nanti dibuatkan parit atau semacamnya akan kami rapatkan terlebih dahulu,” ungkapnya. (kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...