Polsek Siak Hulu Amankan Pemilik Akun Instagram yang Komentar Hate Speech

MENARAnews, Kampar (Riau) – Terkait beredarnya gambar berbau SARA bertuliskan ujaran kebencian (hate speech) terhadap salah satu agama di Media Sosial Instagram yang diduga dilakukan oleh salah seorang warga Kecamatan Siak Hulu Kab. Kampar, Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa SS, MH langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan terhadap pemilik akun Instagram tersebut yaitu sdr. SS (Lk 25), (22/03/2017)

Dari hasil penyelidikan awal yang dilakukan oleh Intelkam Polsek Siak Hulu, terindikasi bahwa akun Instagram yang bersangkutan diretas oleh pihak lain dan menggunakan akun ini untuk memprovokasi orang lain.

Berdasarkan keterangan SS, bahwa dirinya pernah menerima pesan email pada bulan Februari lalu tentang pemberitahuan yang berisikan “Ada seseorang yang mencoba memasuki akun Instagram anda, jika memang itu anda maka abaikan pesan ini, tapi jika bukan anda segera ubah password”. Dikarenakan SS merasa tidak menggunakan maupun melakukan perubahan pada akun Instagram miliknya, SS kemudian melakukan perubahan password akun instagram-nya itu.

Petugas Kepolisian dari Polsek Siak Hulu dan Polres Kampar saat ini masih mendalami permasalahan ini dan juga berkoordinasi dengan Direktorat Reskrimsus Polda Riau.

Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak terpancing atau terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang terkait masalah ini, karena pihak Kepolisian berusaha bekerja secara profesional menurut ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dirinya telah memerintahkan Kapolsek Siak Hulu serta Kasat Reskrim dan Jajaran Intelijen untuk melakukan penyelidikan terhadap permasalahan ini.
“Kepada masyarakat, agar tidak terprovokasi. Petugas kami berupaya mengungkap permasalahan ini secara jelas,” terang Kapolres.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan MENARAnews bahwa Polsek Siak Hulu telah mengamankan SS dan membawa ke Polda Riau untuk penyelidikan lebih lanjut. (La)

Comments
Loading...