PMI Resmikan Makarti Sebagai Tiyuh Donor Darah Sukarela

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Palang Merah Indonesia (PMI) meresmikan Tiyuh (Desa) Makarti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) sebagai Tiyuh Donor Darah Sukarela di Balai Tiyuh Makarti, Kamis (30/3/2017) pukul 14.30 WIB.

Donor darah ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan akan kebutuhan darah di Kabupaten Tubaba khususnya di Tiyuh Makarti. Sehingga jika nantinya terdapat masyarakat Tiyuh Makarti yang membutuhkan darah akan dimudahkan yaitu dengan menghubungi relawan donor darah di tiyuh tersebut.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam membutuhkan darah. Manfaatnya untuk kesehatan individu, tentunya untuk menjaga kesehatan perlu darah segar dalam tubuh. Dan dengan donor darah maka darah yang ada di tubuh akan selalu segar sehingga selalu sehat. Manfaat berikutnya adalah adanya database relawan donor darah, setiap masyarakat Makarti yang butuh darah tidak perlu jauh-jauh tinggal hubungi tetangganya saja” ujar Dr. Edi Winarso selaku Wakil Ketua PMI Tubaba.

Dr. Edi juga menjelaskan bahwa program Tiyuh Donor Darah tersebut merupakan program pertama di Indonesia karena hingga saat ini belum pernah dilaksanakan di daerah lainnya. “Tiyuh Donor Darah Sukarela hanya ada di Tiyuh Makarti dari seluruh indonesia dan PMI akan berupaya menaikkan kegiatan ini hingga ke tingkat nasional” katanya.

Sebagai bentuk kerja nyata dari Tiyu Donor Darah Sularela, maka di Makarti telah dilakukan pemeriksaan golongan darah terhadap 784 orang dan untuk kedepannya akan terus dilakukan pemeriksaan golongan darah dengan target 1.500 orang. “Selain itu, sudah dibentuk kepengurusan relawan donor darah sukarela di tiyuh Makarti meliputi koordinator, wakil koordinator, sekretaris, bendahara dan koordonator di setiap golongan darah” jelas Edi.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Lampung, H. Umar Hasan sangat mengapresiasi program yang diciptakan oleh PMI Kabupaten Tubaba itu. “Ini merupakan pertama kali di Indonesia ada desa yang dijadikan lumbung darah.  Rata-rata donor darah didirikan setelah ada lembaga lain sebagai partner penyedia darah minimal rumah sakit tipe C. Disini (Tubaba), RS belum memadai namun PMI sudah mendahului itu semua” ujarnya dengan bangga.

Kebanggaannya tidak berhenti disitu, Ketua PMI Provinsi Lampung itu juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap pengurus PMI Kabupaten Tubaba yang terus berkreasi dan berinovasi dalam memajukan PMI dan bumi ragem sai mangi wawai.

“Ini merupakan kebanggaan saya berada di kabupaten yang melegenda di Provinsi Lampung karena pengurus PMI Kabupaten Tubaba dengan cepat merespon sesuatu dan memiliki kreatifitas yang tingi. Dan selalu tercatat nomor satu dalam kegiatan dengan luar negeri seperti di Denmark, bahkan PMI Tubaba berada di peringkat paling atas dari 11 PMI Kab/Kota di Lampung. Tidak hanya itu, PMI Tubaba direspon baik oleh Pemerintah Kabupatennya” paparnya.

Pujian tidak hanya datang dari PMI Provinsi Lampung, pengurus PMI Tubaba juga mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari Pemkab Tubaba sehingga patut dicontoh oleh lembaga dan ormas bahkan Pemerintah Kabupaten lainnya.

“Diharapkan kepada seluruh pihak untuk terus menyosialisasikan pentingnya donor darah. Untuk mewujudkan hal ini, peran pemerintah melalui aparat tiyuh sangat diharapkan, semoga kegiatan ini dapat menginspirasi tiyuh-tiyuh lainnya untuk melakukan kegiatan serupa. Tentu untuk pelaksanaan ini memakan biaya yang dibiayai oleh tiyuh yang bersumber dari DD atau ADD” imbuh Perana Putera selaku Plt Kadis Kesehatan yang mewakili Pj Bupati Tubaba.

Hal itu disampaikan dalam bentuk upaya mengurangi angka kematian ibu hamil dan kekurangan darah di Kabupaten Tubaba. “Catatan Pemkab Tubaba, kematian akan ibu bersalin atau kekurangan darah cukup tinggi sehingga perlu darah dan mengapresiasi tiyuh makarti akan donor darah sukarela. Semoga ini menjadi catatan amal kita semu” harapnya.

Sementara itu, Kepala Tiyuh Makarti, Sunaryo menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada PMI Tubaba dan pemerintah kabupaten atas diresmikannya Tiyuh Makarti sebagai Tiyuh Donor Darah Sukarela. “Semoga pencanangan tiyuh ini sebagai tiyuh donor darah sukarela dapat memotivasi tiyuh-tiyuh lain agar dapat menjadi tiyuh donor darah juga” tuturnya.

Dalam acara itu, hadir juga Busroni, SH Ketua DPRD Kabupaten Tubaba, Istadi Wakil Ketua Bidang PB PMI Provinsi Lampung, Majril Sekretaris Dinas Kesehatan Tubaba, pejabat pratama Pemkab Tubaba yang tergabung kepengurusan PMI Tubaba, Dr. Edi Winarso Wakil Ketua PMI Tubaba, puluhan relawan donor darah sukarela dan seratusan masyarakat Tiyuh Makarti. (RZ)

Comments
Loading...