PLN Mukomuko Perkuat Pasokan Listrik Daerah Dengan PLTBG

MENARAnews, Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Mukomuko berencana kembali akan menambah sumber pasokan listrik untuk Kabupaten Mukomuko.

Setelah sebelumnya berencana mendatangkan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) baru dan membangun infrastruktur PLTD baru di Bantal, Kec. Teramang Jaya, PLN Mukomuko berencana juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bio Gas (PLTBG) di daerah tersebut.

“Kemarin sudah kita lakukan survey lokasi, kemungkinan akan dibangun di dua tempat yaitu Kota Mukomuko dan di Bantal,” ungkap Manager PLN Rayon Mukomuko, Sugiharto, kepada MENARAnews, Rabu (29/03/2017).

Ia menyampaikan, pembangunan PLTBG di Mukomuko ini merupakan program pemerintah pusat guna menyelesaikan krisis listrik di Mukomuko.

Ia menjelaskan, namun demikian, pembangunan PLTBG ini merupakan solusi jangka menengah sembari menunggu rampungnya proyek pembangunan interkoneksi listrik di Mukomuko.

“Untuk PLTBG sendiri, kita rencanakan memiliki kapasitas sekitar 20-30 MW dengan pembagian 10-20 MW di Kota Mukomuko dan 10 MW di Bantal,” tuturnya.

Terkait pelaksanaannya, Sugiharto belum dapat memastikan detail waktu pembangunan PLTBG ini, karena baru dalam tahap survey lokasi.

Sementara itu, untuk mesin baru di PLTD Ipuh Baru sebesar 3 MW dan PLTD Bantal sebesar 5 MW dipastikan tiba di Mukomuko pada April mendatang dan mulai menyalurkan listrik pada Juli 2017. (AL)

Comments
Loading...