Penggeledahan Rumah Kontrakan Terduga Teroris, Kapolres Himbau Masyarakat Lebih Proaktif

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Setelah dilakukan penangkapan terduga teroris di Kecamatan Menes, aparat keamanan langsung melakukan penggeledahan salah satu terduga teroris yang tertangkap di Kecamatan Ciwanda Kota Cilegon siang tadi (23/03/2017).

“Orang-orang asing yang kira-kira mencurigakan, benar-benar dicek dia tuh siapa, apa pekerjaannya, trus misalnya yang mau ngontrak 1 orang terus tiba-tiba jadi banyak, harus curiga”, terang Kapolres Pandeglang AKBP Ari Satriyan usai penggeledahan di Kampung Warga Mulya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Cisata.

Ia menilai, peran aktif masyarakat untuk peka terhadap orang baru di sekitar tempat tinggal masing-masing. “Ini sebetulnya gimana perangkat desa disini ya, kalau warga proaktif melaporkan hal-hal yang mencurigakan di daerahnya, maka otomatis pelaku-pelaku teroris akan berpikir 2 kali untuk tinggal di tempat atau daerahnya, Kalau perangkat desanya cuek-cuek aja otomatis sasaran mereka untuk tinggal.

Untuk itu, lanjut Ari, jadi perangkat desa, warga, masyarakat di sekitar tidak boleh apatis.

Saat ditanya identitas keluarga terduga teroris yang diamankan, Kapolres mengaku tidak mengetahui karena Densus 88 mengamankan terlebih dahulu. “Saya nggak tahu, masih diamankan Densus, saya kan datang kesini udah dibawa Densus, intinya keluarga yang ditangkap di Cilegon.

Di tempat yang sama, salah satu warga sekitar, Een mengatakan bahwa terduga teroris tersebut beserta keluarga sudah sekitar 7 bulan tinggal di dekat rumahnya.

“Udah sekitar 7 bulan ngontrak disini”, imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, keluarga teroris yang diamankan berinisial AS. (IY)

Comments
Loading...