Penempatan Pedagang Perlu Tindakan Tegas

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui instansi teknis dinilai perlu melakukan tindakan tegas terkait kebijakan penempatan los pedagang di kawasan Pasar Blok R Kuala Kapuas. Pasalnya, masih ada pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya.

“Terkait kebijakan penempatan pedagang di masing-masing los perlu tindakan tegas, karena pada kenyataannya pedagang tersebut menempati los tidak pada tempat seharusnya” kata Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPR PKP Kabupaten Kapuas Ahmad Isnaeni, Rabu (22/3).

Menurut Isnaeni dengan menempati los tempat berjualan tidak pada tempat yang seharusnya sehingga menyebabkan sampah-sampah dibuang dalam selokan. “Itu yang menjadi masalah bagi kita semua karena selokan yang tertutupi sampah membuat aliran air tidak mengalir dengan sempurna, walau pun sudah kita bersihkan beberapa hari berikutnya akan mampet lagi,” ujarnya.

Dinas PUPR PKP Kapuas sendiri sudah memberitahukan kepada pedagang untuk tidak membuang sampah bukan pada tempatnya namun buanglah sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan.

“Tapi pada kenyataannya yang namanya pedagang sulit untuk dikendalikan. Tapi kami tetap berusaha dan petugas dari Bidang Cipta Karya sudah membersihkan drainase di pasar, cuma ya itu tadi seperti itu terus akan berulang-ulang (sampah tetap dibuang diselokan),” tuturnya.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPR PKP Kapuas itu mengatakan, jumlah bak sampah yang mereka tempatkan di pasar sekitar 32 unit ditambah satu unit tempat sampah jenis amrol. “Tetapi terkait fungsi bak sampah yang kita siapkan itu tidak dimaksimalkan karena masih banyak pedagang yang tidak memanfaatkan bak sampah itu,” katanya.

Ditambahkan, pasar Blok R terdapat manajemen pengelolaan pasar, hanya saka tidak mungkin mereka menggali sampah sampai ke selokan. “Jadi, sampah tidak terkontrol secara detail, hanya sampah yang kelihatan saja yang dibersihkan. Makanya kita akan tempatkan petugas di pasar cuma harus sinkronisasi dengan instansi terkait,” pungkasnya. (kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...