Pemprov Kalteng dan Pemda Se-Kalteng Mulai Bahas RKPD Strategis 2018

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Upaya melakukan pembahasan dan sinkronisasi kerja perangkat Daerah serta rancangan kerja pada pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2018 sudah harus menjadi perhatian sejak saat ini dengan harapan dapat berdampak positif pada pelaksanaan nantinya.

Hal tersebut disampaikan Plt. Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi Kalteng, Syahrin Daulay pada kegiatan rapat pertemuan Forum Perangkat Daerah dan Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Provinsi Kalteng 2017 di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Senin (20/03) di Palangka Raya.

Syahrin Daulay menjelaskan, tidak hanya itu, hendaknya juga dapat memastikan program kegiatan yang dialokasikan nantinya tidak didasarkan atas tugas dan fungsi dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) saja.

“Singkronisasi dan komunikasi yang dibangun antara wilayah serta pemangku kepentingan dalam pembangunan kedepan sangat diperlukan. Tentunya juga meningkatkan SDA dan SDM masyarakat Kalteng,” jelas Syahrin Daulay.

Adapun sasaran dan target Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2018 nanti diantaranya yakni upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi, serta penekanan terhadap laju inflasi Kalteng.

Disisi lain, Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng Herson B. Aden menyampaikan, semua kegiatan yang ada di Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalteng tidak serta merta langsung bisa tertampung.

“Sepanjang program kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota masuk dalam kegiatan strategis dari Pemerintah Provinsi dan bisa menjawab segala indikator-indikator keberhasilan di Provinsi, rasanya tidak salah kalau program dibiayai dari Provinsi,” papar Herson B. Aden.

Begitu juga sebaliknya, namun ujarnya lagi, pertemuan kali ini baru rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dan usulan yang disampaikan melalui E-Proposal secara online sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan, baru ditampung oleh Pemerintah Provinsi.

Kegiatan yang dilaksanakan ini, untuk melakukan kompilasi serta menyesuaikan dengan program-program strategis dari Pemprov Kalteng. Tidak menutup kemungkinan ada beberapa program kegiatan yang tidak memiliki kesesuaian.

“Kita akan mengakomodir program kegiatan Daerah yang sesuai. Kalau ada yang strategis sekali, tidak menutup kemungkinan Pemerintah Provinsi akan mengucurkan anggaran di tahun 2017 yang jelas ini untuk RKPD tahun 2018,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...