Pemerintah Pusat Akan Distribusikan 198.000 Bibit Cabai ke Kalteng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Pusat berencana akan mendistribusikan ratusan ribu bibit cabai baik rawit atau besar ke lima Kabupaten/Kota di wilayah Kalteng untuk dilakukan penanaman atau pembudidayaan kembali ke masing-masing Kabupaten/Kota.

Lima Kabupaten yang tercatat dalam Matriks Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada program kegiatan kawasan tanam cabai yakni, Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya.

mengenai perihal tersebut, Kepala Dinas Tanama Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng Tute Lelo membenarakan, akan adanya bantuan bibit cabai yang disalurkan kepada Pemerintahan Daerah Provinsi Kalteng.

“belum, lagi tahap pembibitan” ujar Tute Lelo dikonfirmasi Menaranews.com baru-baru ini di Palangka Raya.

Ia menyampaikan, pengadaan bantuan bibit cabai ke beberapa Kabupaten/Kota itu dimaksudkan supaya pembudidayaan masyarakat untuk menanam cabai baik rawit atau cabai besar semakin meningkat, serta sebagai bentuk dukungan pemanfaatan pekarangan rumah yang tidak digarap oleh masyarakat.

Disinggung terkait sembilan Kabupaten seperti Kabupaten Katingan, Sukamara, Lamandau, Barito Timur, Barito Utara, Barito Selatan, Murung Raya, Seruyan, dan Pulang Pisau tidak menerima penyaluran bibit cabai di tahun 2017,  Tute Lelo tidak banyak berkomentar atau menjelaskan kenapa. Dia hanya menyapaikan, program tersebut dari Pemerintah Pusat.

“itu dari pusat,” tukasnya menambahkan.

Adapun data lima Kabupaten/Kota yang menerima pengadaan bibit cabai tahun 2017 dalam program kegiatan kawasan aneka cabai totalnya sebanyak 198.000 bibit cabai dalam polybag baik cabai rawit ataupun cabai besar.

Dengan rincian, Kabupaten Kapuas menerima 36.000 bibit cabai rawit dan 18.000 bibit cabai besar, Kabupaten Kotawaringin Timur menerima 36.000 cabai rawit dan 18.000 bibit cabai besar, Kabupaten Kotawaringin Barat menerima 18.000 bibit cabai rawit dan 18.000 bibit cabai besar.

Selanjutnya Kabupaten Gunung Mas menerima 18.000 bibit cabai besar, Dan Kota Palangka Raya menerima bibit cabai rawit sebanyak 18.000 dan bibit cabai besar sebanyak 18.000.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...