Pedais Ke-17 Ponpes Al-badr Ciptakan Santri-Santri Berakhlak

MENARAnews, Kampar (Riau) – Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Ir. H. Nurahmi, MM, meresmikan Pekan Dakwah Islam (Pedais) ke – 17 Pondok Pesantren Al-Badr Bangkinang Kota Kab.Kampar sekaligus menyerahkan hadiah kepada orang tua santriwan dan santriwati yang bisa menghafal alqur’an mulai dari Dua sampai dengan Lima Belas Juz yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-badr Bangkinang, Sabtu (11/03).

Dalam arahannya, Nurahmi mengatakan bahwa pesantren sebagai tempat pendidikan agama, memiliki basis sosial yang jelas, karena keberadaannya menyatu dengan masyarakat, untuk itu sebagai komunitas, pesantren dapat berperan menjadi penggerak bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengingat pesantren merupakan kekuatan sosial yang jumlahnya cukup besar.

“Secara umum, akumulasi tata nilai dan kehidupan spiritual Islam di pondok pesantren pada dasarnya adalah lembaga Tafaqquh Fiddin yang mengemban tugas untuk meneruskan risalah Nabi Muhammad SAW yang sekaligus mensyiarkan agama Islam ” ujarnya.

Ditambahkan Nurahmi, sebagai lembaga sosial yang bergerak dibidang pendidikan dan keagamaan, perkembangan pesantren harus terus didorong, karena pengembangan pesantren tidak terlepas dari kendala yang harus dihadapinya, apalagi belakangan ini perkembangan dunia sangat pesat yang secara langsung maupun tidak langsung akan berpengarus terhadap pesantren yang ada di daerah kita.

Nurahmi menambahkan lagi, Ponpes Al-badr merupakan lembaga yang telah banyak berkontribusi dalam mencerdaskan generasi muda penerus bangsa, khususnya di Kabupaten Kampar yang kita cintai ini karena telah banyak melahirkan hafidz dan hafidzoh berkualitas yang sangat membanggakan kita semua, meskipun konsen dalam pendidikan agama Islam, akan tetapi Al-badr juga mampu mengikuti perkembangan kemajuan dunia pendidikan serta melakukan perbaikan-perbaikan yang secara terus menerus dilakukan terhadap pesantren, baik dari segi manajemen, akademik maupun fasilitas yang menjadikan pesantren keluar dari kesan tradisional.

“Kami yakin Pesantren Al-badr akan tetap eksis sebagai lembaga pendidikan Islam yang mempunyai visi mencetak manusia yang unggul, untuk itu pada kesempatan ini, atas nama pemerintah Kabupaten Kampar, saya mengucapkan selamat atas peresmian pekan dakwah Islam ini, sehingga nantinya lebih mampu mencetak santri-santri berkualitas dan berakhlak”, harap Nurahmi.

Comments
Loading...