Pasca Pelantikan, Beberapa Jabatan Kepala SKPD dan Badan Pemprov Kalteng Masih Kosong

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Ada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang saat ini belum memiliki Kepala Dinas pasca pelantikan sejumlah Kepala Dinas dan pejabat eselon II oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Jum’at (24/03).

Adapun SKPD dan Badan yang belum memiliki Kepala Dinas seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi dan UMKM, Disdagperin, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Penanaman Modal, dan Badan Ketahanan Pangan.

Belum diketahui persis tidak adanya Kepala Dinas selaku pengambil kebijakan ini nantinya dapat mempengaruhi atau berimbas terhadap pelayanan Pemerintah Daerah kepada masyarakat serta peningkatan Pendapatan Daerah.

Salah satunya seperti  persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) April 2017 nanti apakah tidak menjadi persoalan baru ketika Instansi bersangkutan yakni Dinas Pendidikan tidak memiliki Kepala Dinas.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran ketika diwawancarai usai pelantikan menyampaikan, Instansi yang belum ada Kepala Dinasnya dalam waktu dekat akan ditempatkan pejabat sementara.

“Ini mau kita rapatkan hari ini, bersama Sekretaris Daerah (Sekda). Memang saya selaku pimpinan juga mengaku ada salah, karena waktu itu pak Nurul Edy bisa menjabat Plt. Bupati Kotawaringin Barat. Semestinya seperti Instansi Pendidikan dan lain sebagainya tidak boleh menjabat sebagai Bupati,” ujar Sugianto Sabran.

Mudah-mudahan ujarnya, dalam rapat yang dilaksanakan nanti sudah ada keputusan yang dihasilkan. Termasuk keputusan terhadap persoalan gaji para guru honorer. Menurutnya ada beberapa Kabupaten yang sudah membayar, ada juga kabupaten belum.

Begitu juga dengan kucuran anggaran Dana BOS, anggaran ini jelasnya lebih dalam lagi tentunya mengikuti aturan, dan tentunya lagi harus ada verifikasi jangan sampai nanti digunakan sebagai alat-alat politik.

“Saya tidak mau dana-dana seperti ini digunakan sebagai dana politik. Saya inginkan yang baru. Saya merasa pejabat baru dilentakkan ini sudah dianggap berhasil dan mampu, dan ini juga berdasarkan hasil dari Panitia Seleksi pada kegiatan yang dilakukan kemarin,” paparnya menambahkan.

Atas pelantikan pejabat yang dilantik, Gubernur Kalteng mengucapkan selamat atas kepercayaan untuk menjabat ditempat yang baru kedepannya bisa bekerja lebih baik lagi. Dan dirinya tidak lupa mengucapkan terimakasih atas kinerja pejabat sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Kepala Dinas yang dilantik yakni Susana Ria Aden Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan Arsip Daerah, Yuren S. Bahat Kepala Bappeda, Mugeni Kepala BPMDes, Hatta Kadis Pemukiman, Guntur Talajan Kadis Disbudpar, Sutrisno Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan.

Selanjutnya, Herson B.Aden Kadis Diskominfo, Saidina Aliansyah Kepala Inspektorat dan Nurul Edy Kepala BKD, Brigong TM. Kadisdukcapil, Henky Mankin Staf Ahli Gubernur Ekonomi Keuangan, Endang Kusrihantun Staf Ahli Gubernur Pemhukpol, Yuel Tanggaran Staf Ahli Gubernur Kemasyarakatan dan SDM.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...