Mukomuko Tertibkan Objek Wisata Di Areal Cagar Alam

Objek wisata pantai terancam ditutup

MENARAnews, Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) akan segera menertibkan beberapa objek wisata yang tidak sesuai peruntukan atau melanggar aturan karena berada dalam kawasan cagar alam (CA).

Beberapa objek wisata tersebut yaitu yang berada disepanjang pantai Air Punggur hingga perkampungan nelayan Pantai Indah Mukomuko (PIM) meliputi objek wisata Pantai Batung Badoro, Pandan Wangi, Outbond, Air Patah, dll.

“Itu termasuk Pantai Pandan Wangi sampai muara PIM, itu tidak bisa diganggu gugat, tidak dapat dikelola untuk tujuan wisata, sekarang lagi kita evaluasi agar kawasan ini dikembalikan sesuai aturan yaitu sebagai cagar alam,” jelas Kepala Disparpora Mukomuko, Kasmidi Kasim, kepada MENARAnews, Selasa (21/03/2017).

Ia menyampaikan, untuk itu selanjutnya Disparpora akan melakukan tindakan penertiban di kawasan tersebut dengan mencabut plang-plang wisata yang ada.

Ia menjelaskan, kawasan cagar alam berdasarkan ketentuannya hanya dapat diperuntukan untuk penelitian ilmiah dan pelestarian flora serta fauna. Tetapi, dapat diperuntukan juga untuk wisata namun tidak bersifat komersil.

“Tidak sesuai aturan kita copot, tidak ada cara lain, kan banyak itu, tinggal kita copot saja, karena itu bukan untuk objek wisata lagi,” katanya.

Ia mengatakan, kawasan itu dapat difungsikan kembali sebagai objek wisata dengan cara menurunkan status kawasan menjadi taman wisata alam (TWA).

Namun, proses perubahan status kawasan tersebut bukan merupakan proses yang cepat dan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

“Harus diturunkan dulu dari CA menjadi TWA baru bisa ada fungsi wisatanya, kalau untuk menurunkan itu memerlukan waktu yang panjang, tahunan baru bisa, jadi statusnya kawasan itu terlantar, mau kita usulkan tapi tidak bisa diapakan,” tutupnya. (AL)

Comments
Loading...