Menghadapi UN 2017, Pemkot Ajak Pelajar Selalu Optimis

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) Meski beberapa siswa khususnya di Kota Palangka Raya sendiri merasa dek-dekan dalam menghadapi pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional tahun 2017 belum lagi beberapa sekolah di Kalimantan Tengah nantinya akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komouter (UNBK).

Perasat tersebut tidak menyurutkan semangat dari kalangan siswa khususnya pelajar di tingkat SMA/SMK untuk terus belajar dan berlatih dalam menghadapi Ujian Nasional, bahkan perasaan gugub dan dek-dekan adalah suatu hal yang wajar.

Seperti yang disampaikan oleh siswa kelas XII Achmad Afiruddin di salah satu sekolah SMA yang ada di Kota Palangka Raya kepada media ketika menghadiri kegiatan Training Motifasi Spirit Success Ujian Nasional 2017 SMA/SMK/MA/SLB se Kota Palangka Raya selasa (14/03) di halaman IAIN Palangka Raya.

Afiruddin menyampaikan, ada perasaan sedikit gugub dan dek-dekan. Tapi perasaan tersebut, harus bisa kita atasi yakni dengan cara belajar serta mendengar motifasi yang disampaikan Guru-Guru di sekolah.

“Tidak lupa ber do’a. Kegiatan ini menurut kita keren banget, saya baru pertama kali ikut kegiatan ini. Dan ini menurut saya sangat luar biasa lah belum lagi motifasi disampaikan langsung oleh Wakil Walikota Pak Mofit Saptono Subagio, Rektor IAIN dan Dosen lainya” ujar Afiruddin

Berdasarkan hasil pantauan Menaranews.com di lapangan, animo siswa untuk mengikuti kegiatan sangat luar biasa. Hal itu terlihat dari hadirnya ratusan siswa dari seluruh sekolah SMA/SMK/MA/SLB yang ada di Kota Palangka Raya.

Meski kegiatan dihadiri oleh Wakil Walikota bersama beberapa instansi terkait serta dosen-dosen IAIN. Akan tetapi konsep kegiatan yang dilaksanakan sendiri tidak membosankan.

Kegiatan disajikan dengan versi hiburan kalangan muda atau pelajar sekarang. Seperti pembagian hadiah serta dirangkai dengan hiburan musik band yang dinyanyikan oleh Wakil Walikota, Dosen dan pelajar sendiri.

Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio ketika itu mengajak kepada seluruh pelajar yang hadir untuk bersama-sama mensyukuri segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Begitu banyak orang yang diluar sana berjuang untuk mendapatkan biaya pendidikan.

“Tetapi tidak semuanya seberuntung perserta atau siswa yang hadir. Optimisme itu harus dijaga dan dipelihara sehingga ketika sampai pada saatnya tidak akan kehabisan bahan bakar untuk memicu optimisme tersebut” jelas Mufit Saptono Subagio.

Tidak ada kata lain selain kata mensyukuri serta mempersiapkan diri dengan belajar dengan sungguh-sungguh. Jangan merasa puas dengan hasil yang sekarang, yang terpenting bagaimana ujarnya lagi, pelajar dapat mempertanggungjawabkan nilai tersebut dan menujukan kalau nila yang diberikan pantas didapatkan.

Disisi lain, Rektor IAIN Palangka Raya, Ibnu Elmi Achmad Slamat ketika diwawancarai menyampaikan Kota Palangka Raya tidak pernah maju kalau dunia pendidikanya bagus dimata masyarakat.

“Kegiatan ini juga bertujuan dalam rangka meningkatkan tingkat angka partisipasi pelajar atau siswa untuk terus melajutkan pendidikan sampai dengan ke perguruan tinggi. Secara tidak langsung kegiatan ini juga mengekspos kondisi dan perkembangan IAIN Palangka Raya sekarang ini” jelas Ibnu Elmi Achmad Slamat.

Dengan adanya pertunjukan seperti pembuatan roket air, kincir air, kincir listrik, robotik dan lain sebagainya yang dihasilkan oleh tangan-tangan mahasiswa IAIN itu sendiri. Lanjutnya lagi, artinya IAIN tidak hanya terkonsentrasi di bidang agama saja, tetapi ada juga mempelajari ilmu pengetahuan yang bersifat umum.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...