Memotivasi Pemuda Kalteng, Kementerian Pertahanan Adakan Seminar Bela Negara

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Guna memberikan motivasi ke seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kalimantan Tengah terkait bela negara, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia akan melibatkan seluruh unsur masyarakat baik pemuda, mahasiswa dan lain untuk mengikuti kegiatan perihal tersebut dengan meningkatkan semangat bela negara melalui berbagai kegiatan.

Salah satu kegiatan Bala Negara yang dimaksud yakni pelaksanaan Seminar Pemberdayaan Pertahanan Daerah Provinsi Kalteng tahun 2017 yang diikuti sekitar 100 mahasiswa di Kota Palangka Raya dengan menghadirkan beberapa narasumber dari jajaran Korem 102/Pjg, Badan Kesbangpol Kalteng serta akademisi Universitas, Selasa (21/03) di Palangka Raya.

Pejabat Perwakilan Pelaksanan Tugas Pokok (PPTP) Kementrian Pertahanan RI Provinsi Kalteng, Kolonel.Inf. Samodro Adie diwawancarai disela-sela kegiatan menyampaikan, dalam bulan April 2016 nanti ada sekitar 150 mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan untuk menjadi kader Bela Negara di Batalion 631/Antang selama 5 hari.

“Nanti kita juga menghadirkan narasumber dan pelatih dari Kementerian Pertanian Pusat. Tidak hanya itu, tiap tahun Kementerian Pertahanan juga melaksanakan kegiatan parade Cinta Tanah Air, pemberian wawasan Kebangsaan, Kebhinnekaan khusus untuk Pelajar tingkat SMA/SMK,” jelas Samodro Adie.

Dirinya menilai, mahasiswa yang ada di wilayah Kalteng sendiri sampai dengan saat ini sangat bagus. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasnya mengkuti setiap kegiatan yang berkaitan terhadap Bela Negara. Belum lagi, ujarnya menambhakan, mahasiswa lebih cenderung militan dan mandiri ketika diberikan tugas dan tanggung jawab.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan, ia berharap seluruh Pemuda di Indonesia dapat lebih mencintai Bangsa dan Negaranya, berbuat untuk Daerahnya. Tentu pihaknya juga akan memberikan kegiatan-kegiatan atau hal-hal yang positif seperti memberikan motivasi kepada pemuda dan mahasiswa di setiap daerah.

Komando Resimen Mahasiswa Maharaya Kalteng Heru Setiawan sekaligus koordinator pelaksana kegiatan seminar menyampaikan, NKRI, Pancasila, UU 45, dan Bheneka Tunggal Ika harus dapat diterjemahkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Harus dapat dilaksanakan oleh seluruh komponen masyarakat. Ini sangat penting sekali diketahui, karena hal ini sangat mendasar. Kita juga berterimakasih sekali adanya kegiatan seminar seperti ini. Belum lagi nanti ada kegiatan lanjutan,” jelas Heru Setiawan.

Dia juga berharap, peserta seminar yang sudah mengikuti kegiatan ini nantinya dapat kembali menyampaikan dan memberikan motivasi kepada teman-temannya yang kebetulan tidak ikut dalam kegiatan ini. Sehingga pembelajaran yang didapat juga bisa diperoleh oleh mahasiswa lainnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...