Legislator : Pemko Palangka Raya Perlu Memperkuat Program Pemerintah Pusat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Program pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari pemerintah pusat, mendapat dukungan penuh dari kalangan DPRD Kota Palangka Raya. Namun diharapkan agar masyarakat tak mampu juga diberikan bantuan berupa permodalan dan pelatihan hingga strategi dagang.

”Pemerintah perlu  memikirkan ekonomini masyarakat. Mereka tak produktif diberikan pelatihan dan permodalan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masing-masing,” ungkap Wakil Ketua Komisi C Subandi, Menyikapi program unggulan pemerintah untuk masyarakat miskin dan kurang mampu, Senin (20/03), di Palangka Raya.

Subandi menyebutkan program pemerintah tersebut memang sangat dirasakan oleh masyarakat. Tetapi ia pun berharap perlu diiringi dengan tindaklanjut, salah satunya pelatihan, pembinaan dan pemodalan dalam usaha.

”Jadi bukan hanya memberikan bantuan dan selesai, tetapi pemerintah bisa menindaklanjuti dengan mengelola dan menggelar latihan. Saya kira itu jauh lebih baik,” ucapnya.

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan langkah besar itu tentu diimbangi dengan pendataan secara konkrit. Contohnya, satu kelurahan banyak masyarakat belum berkerja tetapi punya kemampuan bekerja. Maka bisa diberikan pelatihan kewiraswataan, setelah itu diberikan modal dengan bimbingan berkelanjutan hingga tepat sasaran.

Subandi berucap, sering ditemui di lapangan banyak masyarakat mengaku tidak mampu. Nah dengan pernyertaan permodalan dan pelatihan, diharapkan hal itu bisa ditekan dan diantisipasi.

”Maka itu koordinasi dengan RT/RW, tunjukan bahwa bantuan itu tepat guna dan tepat sasaran. Dorong masyarakat berwiraswasta hingga sama-sama memacu peningkatan ekonomi secara berkelanjutan. Sekarang tinggal pemerintah saja untuk melakukan hal tersebut,” Pungkas Subandi. (AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...