Kualitas dan Mutu Pendidikan di Palangka Raya Harus Lebih Baik

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kualitas dan mutu pendidikan harus lebih bisa ditingkatkan untuk menjawab tantangan zaman. Karena dinilai kualitas pendidikan sangat penting untuk menunjang pembangunan di tengah ketatnya persaingan. Hal itu menjadi harapan besar dari kalangan Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya untuk Pemerintah Kota setempat.

“Kualitas pendidikan sangat penting. Karena kita akan sulit bersaing jika kualitas pendidikan kita rendah. Pendidikan merupakan kunci utama kesuksesan persaingan, nah hal inilah menjadi harapan dan penekanan DPRD kepada Pemko melalui Dinas Pendidikan untuk bisa mewujudkannya,” ungkap Ketua Komisi C Rusliansyah. (28/3).

Menurutnya kualitas pendidikan akan berpengaruh bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan lebih baik. Maka itu pihak sekolah serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) selaku leading sektor-nya dituntut mampu membaca situasi, baik dari segi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pendidikan.

“Ini penting karena perencanaan yang baik juga akan berdampak baik bagi pendidikan itu sendiri,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Rusliansyah menguraikan sebagai contoh, peningkatan sarana dan prasarana sekolah yang harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pendidikan. Sehingga percuma apabila sarana dan prasarana sekolah sangat maju tapi kualitas pendidikan minim.

“Memang bagus kalau sekolah kita ini sarana dan prasarananya lengkap. Tapi yang paling penting adalah kualitas. Jangan sampai mutu pendidikan kita jauh lebih jelek dari sarana dan prasaranannya. Belajar bisa saja di bawah pohon, di parkiran, tinggal bagaimana kita mengelolanya saja,” jelasnya.

Tambah Rusliansyah, bisa juga seluruh sekolah menerapkan program pendidikan berbasis lingkungan  sebagai upaya pemerintah kota meningkatkan program pelestarian lingkungan di dunia pendidikan sehingga jika didukung kondisi yang nyaman siswa lebih betah dan semangat dalam bersekolah.

“Dinas pendidikan serta pihak sekolah dan pihak terkait lainnya dapat meningkatkan layanan pendidikan berbasis lingkungan.Tentunya dengan tetap meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Saya yakin hal itu bisa dilaksanakan dan diwujudkan oleh Pemko,” pungkasnya. (AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...