Korem 102/Pjg Siap Cetak Sawah 1.600 Ha di Kalteng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Program kegiatan cetak sawah di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah tiap tahun tampaknya masih terus berlanjut. Hal tersebut tentunya bertujuan agar Pemerintah sendiri dapat terus melakukan upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan di seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Untuk tahun 2017 di Kalteng, ada beberapa Kabupaten yang akan dilakukan pembukaan cetak sawah oleh Satuan Korem 102/Pjg bersama masyarakat yakni, Kabupaten Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, Sukamara dan dan Kabupaten Katingan.

Danrem 102/Pjg Kolonel Arm. M. Naudi Nurdika ketika dikonfirmasi Menaranews.com Sabtu (24/03) menyampaikan, pembukaan cetak sawah di tahun ini luasannya mencapai 1600 Ha yang tersebar di masing-masing Kabupaten.

“Kegiatan cetak sawah yang kita lakukan sedang berjalan. Yang jelas sebelum bulan Agustus tahun 2017, kegiatan sudah harus terselesaikan,” jelas Naudi Nurdika melalui telpon seluler.

Untuk luasan lahan cetak sawah di masing-masing Daerah Kabupaten yakni, luasan kegiatan cetak sawah di Kabupaten Pulang Pisau  500 Ha, luasan lahan cetak sawah di Kotawaringin Timur 300 Ha, Kabupaten Sukamara 100 Ha dan Kabupaten Katingan 700 Ha.

Disinggung adanya kemungkinan kendala yang dihadapi jajaran TNI ketika melakukan kegiatan di lapangan seperti lokasi kawasan kegiatan masuk dalam kawasan hutan dan sebagainya seperti kegiatan cetak sawah di tahun 2016 lalu, menurutnya sejauh ini tidak ada hambatan yang terjadi.

Survey and Identification Design (SID) untuk meyakinkan bahwa lahan benar-benar tidak bermasalah seperti kawasan HP, HPK, Hutan lindung dan sebagainya juga sudah dilakukan sebelumnya.

“SID dilakukan oleh konsultan dari Universitas Palangka Raya (UPR). Data SID nya sudah bagus, jadi kemungkinan besar gak ada kendala di lapangan terkait status kawasan atau lahan,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...