http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Kendala Anggaran Pemprov Kalteng, Gaji Guru Honor di Kembalikan ke Pihak Kabupaten dan Kota

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sehubungan dengan peralihan kewenangan bidang pendidikan dari Kabupaten atau Kota ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2016 lalu, tampaknya menimbulkan sejumlah persoalan yang terjadi, diantaranya belum adanya kejelasan pembayaran gaji ribuan guru pengajar SMA Setingkat khususnya status honor di 13 Kabupaten 1 Kota se Kalteng.

Mengatasi persoalan itu, Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng dikabarkan membuat sebuah surat edaran ke masing-masing Pemerintah Kabupaten atau Kota untuk menganggarkan pembayaran kepada guru honor, akan tetapi di lapangan sangat memperhatinkan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal ini tentunya akan berimbas kepada proses belajar mengajar di sekolah. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi pencapaian mutu pendidikan di wilayah Kalimantan Tengah. Bahkan ironisnya lagi, ada usulan dari beberapa sekolah, guru honor ditiadakan dengan alasan alokasi anggaran yang tidak memenuhi.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Komisi C DPRD Provinsi Kalteng Syamsul Hadi saat memimpin rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kepala Dinas Provinsi Kalteng, Nurul Edy, Kepala Biro Keuangan Provinsi Kalteng, Kaspinoor dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Krisnayadi Toendan, Kamis (02/03), di Gedung Komisi DPRD Kalteng.

Syamsul Hadi ketika itu menyampaikan, kondisi memperhatinkan tersebut didapatkan dari hasil kunjungan ke Kabupaten atau Kota oleh DPRD Kalteng, bahwa ada guru pengajar menerima gaji hanya Rp.500.000 sampai Rp.600.000. Ada juga yang gajinya didapatkan dari anggaran Komite Sekolah, serta ada juga yang diambil dari anggaran BOS masing-masing sekolah.

“Berdasarkan pendataan kasar dari Komisi C, guru honor ada sekitar 1300 orang. Jika guru honor ditiadakan, maka bubarlah pendidikan kita. Artinya guru honorer sangat diperlukan dalam rangka pelaksanaan dan suksesnya proses kegiatan belajar mengajar di sekolah,” ujar Syamsul Hadi.

Menurutnya, Pemerintah Daerah seyogyanya memperhatikan hal demikian. Oleh sebab itulah Komisi C mengadakan RDP salah satu tujuannya yakni mendengarkan masukan serta mendiskusikan persoalan tersebut sehingga mendapatkan solusi dan hasil yang menggembirakan.

 

Pemprov Hanya Bisa Membayar Gaji Guru Berstatus ASN

Berkenaan dengan Kondisi keuangan APBD Kalteng tahun 2017, hanya bisa membayar gaji guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jumlah guru ASN khusus tingkat SMA/SMK yang dialihkan dari Kabupaten/Kota ke Provinsi Kalteng mencapai sekitar 5.000 orang terhitung sejak 1 Januari 2017 lalu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Provinsi Kalteng Nurul Edy ketika memberikan penyampaian di dalam RDP, bahwa dengan peralihan guru khusus tingkat SMA/SMK masing-masing Kabupaten/Kota menjadikan anggaran APBD Kalteng tahun 2017 membengkak dari anggaran tahun sebelumnya.

“Khusus untuk guru honor, kita sudah mengingatkan dengan menggunakan surat edaran pak Gubenur Kalteng kepada Bupati dan Walikota se Kalteng, tahun 2017 ini menjadi tanggungngan Kabupaten/Kota dulu. Ini berdasarkan hasil pertemuan Sekretaris Daerah (Setda) se Indonesia beberapa hari kemarin,” ujar Nurul Edy.

Berkenaan dengan anggaran Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng khususnya pada belanja di bidang Pendidikan tahun 2017. Alokasi anggaran belanja pendidikan di wilayah Provinsi Kalteng, sudah di atas rata-rata persentase secara nasional yakni 27,14 persen. Jika dibandingkan dengan persentase secara nasional yakni 20 persen dari anggaran APBD.

Sedangkan dari anggaran belanja Daerah Provinsi Kalteng sebesar Rp. 4 Triliun lebih, teralokasi anggaran Belanja Tidak Langsung (BTL) untuk pendidikan sebesar Rp.608,4 Miliar, dan Belanja Langsung (BL) sebesar Rp.208 Miliar lebih ditambah bantuan sosial ke semua tingkatan pendidikan yakni Rp.346,3 Miliar.(arli)

Editor : Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,707PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.