Jembatan Penghubung Way Tulung Tibung Gabo Hanyut

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Meluapnya Way Tulung Tibung Gabo menghanyutkan jembatan penghubung Tiyuh Karta dan Kagungan Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Sabtu malam (11/3/2017) sekitar pukul 23:00 WIB.

Putusnya jembatan berukuran 4 x 6 meter itu dikarenakan derasnya terjangan arus sungai banjir bandang sehingga penghubung satu-satunya kedua desa tersebut putus dan melumpuhkan aktifitas ekonomi warga sekitar.

“Kami berharap jembatan ini segera diperbaiki, sebagai satu-satunya akses jalan yang kami lalui. Jika tidak kami harus memutar jauh melalui Padat Karya atau Karta,” ungkap Swardi, kepada MENARAnews.com, salah satu warga Tiyuh Karta saat melintas di jembatan tersebut, Senin (13/3/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Tubaba Iwan Mursalim, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan dilokasi jembatan tersebut dan untuk selanjutnya akan melakukan langkah perbaikan sesegera mungkin. Menurutnya, ada beberapa langkah yang akan diambilnya. Pertama, pihaknya akan membuat jembatan darurat dari pohon kelapa.

“Langkah awal akan dibuat jembatan darurat agar aktifitas warga tidak terhambat,” ujar Iwan.

Kemudian, Iwan mengatakan, dalam waktu dekat segera turun ke lapangan bersama konsultan, mengecek kondisi jembatan yang putus. Pihaknya akan cek ulang kondisi di lapangan bersama Konsultan. Selanjutnya akan analisa untuk mengambil langkah-langkah penanganannya,” jelasnya.

“Kita akan meminta konsultan untuk menghitung dan memberikan masukan teknis terkait anggaran pembangunan yang akan di khususkan pada jembatan penghubung kedua desa,”imbuhnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...