Imigrasi Gandeng Pihak Hotel Jayapura Laporkan Orang Asing Secara Online

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Pelaporan terhadap warga negara asing perlu dilakukan oleh pihak penjamin (sponsor), termasuk juga oleh pemilik atau pengurus Hotel atau oleh pemilik rumah tempat orang asing menginap.

Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura meminta pelaporan tersebut dilakukan kepada Kantor Imigrasi melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) dalam waktu 1×24 jam sejak orang asing tersebut mulai menginap, demikian yang disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura, Yopie Watimena, SE pada acara Sosialisasi Kitas Elektronik (E-Kitas), Paspor online Pengawasan Orang Asing dan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Grand Hotel Abepura (23/3/ 2017)

Menurutnya, Undang-Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian mendefinisikan istilah keimigrasian sebagai hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara.

Dalam hal lalu lintas warga negara asing serta keberadaan dan kegiatannya di wilayah Indonesia.

“Pemerintah Republik Indonesia menerapkan kebijakan selektif, dimana hanya orang asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia,”jelasnya.

Dikatakan, sosialisasi APOA ini pertama kali dilakukan di Jayapura mencakup beberapa materi dasar yakni; cara mengisi formulir aplikasi online, bagaimana mendapatkan informasi awal mengenai keberadaan orang asing di suatu wilayah, dan cara membantu pihak imigrasi dalam kegiatan pengawasan.

Adapun kualitas data yang diinput oleh pelapor akan sangat menentukan keakuratan data mengenai keberadaan maupun pergerakan orang asing di Wilayah Papua.

“Koordinasi dengan pihak hotel agak susah, tetapi dengan adanya aplikasi APOA ini mempermudah pihak hotel untuk melaporkan melalui aplikasi, bisa juga lewat handphone yang ada di tangan,” ucapnya. (Surya)

Comments
Loading...